8 Oleh-Oleh Khas Wonogiri: Praktis, Unik dan Diminati Siapa saja!

8 Oleh-Oleh Khas Wonogiri: Praktis, Unik dan Diminati Siapa saja!
info gambar utama

Oleh-oleh khas Wonogiri selama ini masih belum diketahui oleh banyak orang. Wonogiri sejauh ini hanya dikenal sebagai kabupaten yang khas dengan makanan terutama mie ayam dan dan bakso. Padahal, di Wonogiri, masih banyak oleh-oleh lain yang bisa dibawa pulang.

Wonogiri adalah salah satu wilayah yang cukup strategis, karena biasa dilewati oleh wisatawan dari Jawa Selatan jika ingin datang ke Solo atau Yogyakarta. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas tentang oleh-oleh khas Wonogiri yang wajib Anda ketahui.

#1 Sambal Cabuk

Melansir dari laman Javatravel, oleh-oleh khas Wonogiri pertama yang wajib Anda coba adalah sambal cabuk khas Wonogiri. Sambal ini merupakan makanan khas Wonogiri yang unik. Sambal cabuk terbuat dari biji wijen yang kemudian dicampurkan dengan merang padi. Sambal ini memiliki rasa gurih dan dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar.

#2 Keripik Tempe Benguk

Kedua, oleh-oleh khas Wonogiri yang juga tidak kalah menarik untuk dibawa pulang adalah keripik tempe benguk. Makanan khas Wonogiri ini merupakan camilan sederhana yang dibuat dari kara benguk. Kara benguk merupakan tanaman yang diyakini memiliki berbagai macam khasiat terutama untuk pria.

#3 Brem Wonogiri

Di berbagai daerah, brem juga mudah untuk didapatkan. Berbeda dengan brem Madiun, Wonogiri memiliki brem yang lebih manis dan berbentuk kecil. Oleh karena itu, brem ini termasuk dalam oleh-oleh khas Wonogiri yang praktis dan dapat dinikmati oleh siapa saja. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan brem ini dengan harga yang terjangkau.

#4 Roti Gaplek

Selanjutnya, roti gaplek adalah oleh-oleh makanan khas Wonogiri yang juga wajib untuk dibawa pulang. Kue ini merupakan roti yang dibuat dari bahan ketela pohon yang diolah menjadi sebuah tepung. Tepung tersebut kemudian dipakai untuk membuat roti gaplek khas Wonogiri ini.

#5 Ikan Wader Goreng

Oleh-oleh khas Wonogiri yang wajib untuk dicoba dan dibawa pulang adalah ikan wader goreng. Camilan ini berbentuk kecil dan memiliki tekstur yang renyah dan nikmat. Ikan wader yang kerap dijumpai di kali-kali dilumuri tepung dan kemudian digoreng sampai kering.

#6 Lemper Khas Wonogiri

Lemper khas Wonogiri adalah makanan Wonogiri yang juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Lemper merupakan makanan khas yang mudah sekali ditemui di berbagai tempat. Lemper merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan dibungkus dengan daun pisang dan kemudian dimasak dengan cara dikukus atau juga bisa dibakar.

#7 Enting-enting

Enting-enting adalah oleh-oleh khas Wonogiri yang nikmat dan mudah sekali dijumpai oleh orang-orang ketika berkunjung ke Wonogiri. Enting-enting merupakan makanan yang dibuat dari wijen yang kemudian dikombinasikan dengan madu atau gula. Enting-enting memiliki rasa manis yang nikmat.

#8 Kerajinan Kayu Khas Wonogiri

Melansir dari laman Kemenparekraf, Wonogiri juga memiliki kerajinan yang terbuat dari kayu. Kerajinan kayu ini berada di Desa Wisata Pucung. Salah satu yang paling populer adalah kerajinan gunungan wayang yang dibuat dari kayu. Namun, di sini Anda juga bisa mendapatkan kerajinan lain yang dijual dengan harga yang sangat bervariasi, yaitu mulai dari Rp5 ribu sampai Rp2 juta.

Demikian adalah 8 oleh-oleh khas Wonogiri yang praktis, unik dan bisa dinikmati siapa saja. Masih banyak oleh-oleh khas Wonogiri yang bisa Anda dapatkan. Jadi, ketika berkunjung ke Wonogiri, pastikan Anda membawa pulang oleh-oleh di atas.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini