Mencecap Manisnya Sirup DHT - Minuman Legendaris dari Kota Daeng

Mencecap Manisnya Sirup DHT - Minuman Legendaris dari Kota Daeng
info gambar utama

Siapa yang tak kenal DHT ?. Ya memang banyak belum kenal khususnya bagi penduduk di luar pulau Sulawesi. Hal ini wajar, sebab sirup ini utamanya hanya beredar di Makassar dan sekitarnya.

Karena lebih mudah dijumpai di kota yang pernah bernama Ujung Pandang ini, maka sirup DHT ini dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari Makassar yang dapat kalian bawa pulang ke kampung halaman.

Sirup ini kerapkali menjadi teman setia berbagai makanan khas Bugis - Makassar, sebut saja es buah, es poteng, es pallubutung hingga es pisang ijo.

Selain itu, sirup yang memiliki cita rasa manis ini juga menjadi primadona tatkala bulan puasa dan lebaran menjelang. Ia akan bersanding dengan rivalnya seperti sirup ABC ataupun sirup Marjan.

Tapi tahukah kalian asal usul dan kepanjangan dari sirup DHT ini?. Silahkan simak ulasan singkat berikut ini.

Sirup DHT dalam Teropong Sejarah

Melansir laman makassarkota.go.id yang mengatakan bahwa sirup ini telah berdiri sejak tahun 1949 silam oleh pria bernama Rusli Wijaya yang teriilhami dari sirup Taiwan.

Pada awalnya sirup yang bernama lain sirup pisang Ambon ini dikemas menggunakan peti kayu. Setiap peti berisi 24 botol sirup dan didistribusikan melalui kendaraan tiga roda (becak).

Terkait arti dari DHT ini, ada dua versi. Pertama mengatakan DHT adalah “Dari Hasil Tangan”, yang lain mengartikan “Dari Hasil Tenaga”.

Namun kalau kalian mampir ke pabriknya di Jl. Macanda, Tamarunang, Kabupaten Gowa, di sana akan nampak logo DHT yang dibawahnya tertulis “Duta Harapan Tunggal”.

Apapun versi aslinya, kini perusahaan sirup DHT ini diteruskan oleh Frenky Wijaya, anak dari Rusli Wijaya, yang sekaligus duduk sebagai komisaris PT. Duta Harapan Tunggal.

Varian Rasa dan Harga Sirup DHT

Untuk menyesuaikan anggaran dan kebutuhan konsumen, Sirup DHT menyediakan 3 varian kemasan, yakni kemasan botol kaca 620 ml, jeriken 2 liter, dan jeriken 5 liter.

Untuk ukuran 620 ml harganya sekitar 20-30 ribu rupiah, jeriken 2 liter sekitar 100-an ribu rupiah, dan jeriken 5 liter sekitar 200-an ribu rupiah.

Jika kalian sedang berada di Makassar, mudah menjumpai sirup DHT ini di toko oleh-oleh, maupun di berbagai tempat berbelanja seperti Supermarket ataupun pasar tradisional.

Sedangkan bagi kalian yang berada di luar Sulawesi, dapat memesannya via official store mereka di Tokopedia dan Shopee. Atau, kalau mau beli dalam jumlah banyak (grosir), bisa kunjungi laman Instagramnya @dhtmakassar.

Kini untuk menyesuaikan evolusi lidah konsumen, Sirup DHT berkolaborasi dengan salah satu kedai kopi legenderis Makassar yakni kopi ujung, dan menghasilkan beberapa varian rasa, di antaranya ada rasa DHT Matcha, DHT White, dan DHT Black.

Bagi kalian yang anti pemanis buatan tak perlu ragu, sebab rasa manis dari tiap tetesan sirup ini dijamin tanpa pemanis buatan.

Referensi : explore.makassar.go.id

Mungkin kalian juga tertarik : Fakta - Fakta Sejarah Di balik Pergantian Nama Makassar Menjadi Ujung Pandang

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Achmad Faizal lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Achmad Faizal.

Terima kasih telah membaca sampai di sini