Desa Wisata Onje, Berwisata Sekaligus Menapaki Sejarah Kabupaten Purbalingga

Desa Wisata Onje, Berwisata Sekaligus Menapaki Sejarah Kabupaten Purbalingga
info gambar utama

Di Kabupaten Purbalingga, ada sebuah desa wisata yang kaya akan nilai sejarah yang bernama Desa Wisata Onje. Bila ingin mengetahui akar sejarah Purbalingga, maka tempat yang dahulu dikenal sebagai Kadipaten Onje ini adalah jawabannya.

Karena kekayaan sejarah dan budayanya, Desa yang berada di Kecamatan Mrebet ini pun ditetapkan sebagai desa wisata yang menjadi andalan di Kabupaten Purbalingga

Alat Musik Calung: Kesenian Bambu yang Jadi Identitas Masyarakat Purbalingga

Kaya nilai sejarah dan religi

visitpurbalingga.com
info gambar

Kadipaten Onje sendiri adalah sebuah wilayah yang berdiri pada abad ke-15 masehi. Menurut babad onje, salah satu rujukan sejarah dari Kadipaten Onje. Wilayah didirikan oleh Tepus Rumput, seorang pengembara yang sedang membuka lahan di lereng Gunung Slamet.

Bisa dikatakan kalau Onje ini adalah cikal bakal dari Kabupaten Purbalingga sekarang. Sebagai desa wisata, tentunya Desa Onje memiliki berbagai daya tarik yang beragam di berbagai titik. Mulai dari nilai sejarah, keagamaan, legenda, hingga benda arkeologis semuanya seakan terangkum di desa ini.

Untuk wisata religi, terdapat makam Adipati Onje, seorang pemimpin yang memiliki nama besar pada zaman dulu di daerah ini beserta istri dan keturunannya.

Lalu ada makam Raden Sayyid Kuning. seorang pemuka agama besar di daerah Onje yang turut menyebarkan nilai-nilai keislaman di wilayah ini dan disegani oleh masyarakat sekitar. Selain itu ada pula masjid Sayid Kuning yang didirikannya dan konon merupakan masjid tertua di Onje.

Ada pula benda peninggalan seperti batu dakon yang dipercaya sebagai tempat Adipati Onje II menggerus obat. Lalu, ada arca bukut, sebuah arca yang dipercaya berupa perwujudan dari Ki Kantaraga. seseorang yang memberikan bisikan gaib dalam mimpi Tepus Rumput ketika mendirikan wilayah Onje.

Goa Lawa Purbalingga, Relief Alam yang Terbentuk dari Letusan Gunung Slamet

Daya tarik alam dan budaya

Dinkominfo PBG | Muhamad Ridlo
info gambar

Ada ketentuan yang harus ditaati bila Anda berkunjung ke Onje. Misalnya disarankan untuk tidak memakai baju berwarna hijau gadung dan untuk masuk wilayah makam seperti harus menjaga tata krama.

Hal unik lain di Onje adalah adanya tempuran tiga sungai yang bertemu di satu tempat. Masyarakat sekitar juga percaya bahwa mandi disitu akan mendapatkan rezeki atau pangkat.

Di desa onje juga ada berbagai tradisi rutin dilakukan setiap tahunnya. salah satu yang terbesar adalah Grebeg Onje untuk mengenang sejarah para leluhur dengan ziarah dan tilas ke beberapa makam.

Mengenai wisata alam, masih ada hal lain yang bisa Anda lakukan di sini, yaitu wisata susur sungai dengan river tubing.

Dengan segala daya tariknya, Desa Wisata Onje adalah tujuan wisata yang menarik. Sebab, kita bisa berwisata sekaligus mempelajari sejarah dan budaya Kabupaten Purbalingga.

Tari Lenggasor, Tari Kreasi Baru asal Purbalingga yang Berbasis dari Tari Lengger

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

MM
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini