Suporter Diizinkan Tonton Langsung Piala AFF, GBK Akan Kembali Bergemuruh

Suporter Diizinkan Tonton Langsung Piala AFF, GBK Akan Kembali Bergemuruh
info gambar utama

Mabes Polri akhirnya resmi mengizinkan suporter untuk menonton langsung laga kandang Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. Izin tersebut diberikan melalui surat bernomor SI/430/XII/YAN.2.1./2022/BAINTELKAM yang dirilis pada 18 Desember 2022.

Itu artinya tak lama lagi satu GBK akan kembali bergemuruh. Euforia dan lagu-lagu suporter pun siap membakar semangat pasukan Merah Putih.

Secara garis besar, surat tersebut menguraikan sejumlah pertandingan yang boleh ditonton secara langsung dengan kuota terbatas, antara lain: pertandingan uji coba dan persiapan Piala Dunia U-20 tahun 2023, Piala AFF Mitsubishi Electric Cup 2022 antara Indonesia melawan Kamboja pada 23 Desember dapat dihadiri 30 ribu orang, serta pertarungan Indonesia menghadapi Thailand pada 29 Desember 2022 menerima 50 ribu penonton, dikutip dari lama resmi PSSI.

Pemberian izin ini tak lepas dari perjuangannya Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Alhamdulillah, usaha keras kita dalam meminta izin untuk menghadirkan penonton pada dua laga kandang Timnas Senior di babak penyisihan grup Piala AFF di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), dikabulkan oleh Mabes Polri," ujar Iriawan, dikutip dari Antara.

Indonesia Ingin Gelar Olimpiade di IKN, Inilah Deretan Stadion Megah di Kalimantan Timur

Sebelumnya diberitakan bahwa Menpora menerbitkan larangan menonton pertandingan liga 1,2, dan 3 sebagai imbas tragedi Kanjuruhan di Malang pada 1 Oktober 2022. Sejak itu para atlet sepak bola Indonesia harus berlaga tanpa sorak-sorai penonton.

Sedari 28 November, Timnas Indonesia telah mempersiapkan diri secara intensif dengan mengikuti pemusatan latihan atau Training Center (TC) di lapangan latihan Bali United, yakni kawasan Pantai Purnama dan Stadion I Wayan Dipta, Gianyar.

Berbagai treatment penguatan fisik, taktik, dan penyusunan strategi telah dijalani selama tiga pekan penuh.

Kini saatnya para bintang skuad Garuda menunjukkan hasil latihan mereka dalam laga Piala AFF 2022 yang akan dimulai pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Indonesia tergabung dalam Grup A bersama Brunei Darussalam, Kamboja, Filipina, dan Thailand.

Timnas Garuda direncanakan akan lanjut berlatih di Jakarta mulai Selasa (20/12). Masih ada waktu empat hari menjelang duel perdana Indonesia melawan Kamboja di Stadion Utama GBK, Jakarta, pada Jumat (23/12).

Pujian untuk Cemerlangnya eSports Indonesia di Pengujung Tahun 

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini