5 Cara Membangun Networking Bagi Anak Muda

AIESEC Indonesia

AIESEC in Indonesia

5 Cara Membangun Networking Bagi Anak Muda
info gambar utama

Pada era digital seperti saat ini, networking adalah hal yang sangat penting untuk dimiliki semua orang, tak terkecuali anak muda. Anak muda adalah pribadi yang identik dengan semangatnya, karena itu masa muda harus dipergunakan untuk melakukan hal-hal positif, seperti memperbanyak networking kita.

Definisi networking itu sendiri sederhananya merupakan bagaimana cara kita untuk dapat membentuk dan mempertahankan hubungan dalam jangka panjang dan dapat saling menguntungkan.

Berikut ini adalah 5 cara bagaimana anak muda dapat membangun networking sedari dini!

Aksi Bersihkan Sungai dari Sampah oleh Anak Muda Masa Kini Ala Pandawara Group

Gabung organisasi anak muda yang membangun

Dengan bergabung kedalam organisasi yang dapat membangun diri kita lebih baik, tentunya kita akan mendapat banyak manfaat. Bukan hanya dengan pengetahuan yang bisa menunjang, kita juga bisa memperluas networking didalam organisasi.

Banyak organisasi yang dapat kita ikuti sesuai dengan minat ataupun hal yang ingin kita kembangkan. Salah satu organisasi yang bisa kalian ikuti adalah AIESEC. Organisasi ini berfokus untuk melatih skill kepemimpinan, yang tentunya sangat kita butuhkan.

Selain itu, AIESEC adalah organisasi internasional yang ada di lebih dari 110 negara dan telah berdiri sejak 1948, bahkan lebih lama dari banyak negara di dunia saat ini. Hal inilah yang membuat kalian dapat mengembangkan networking lebih luas lagi, karena AIESEC memiliki jaringan anggota dan alumni yang besar.

Gapai networking lewat kegiatan yang diminati

Mengikuti berbagai kegiatan yang kita minati merupakan langkah tepat untuk mulai mempunyai banyak networking. Selain kita akan senang mengikuti kegiatannya karena sesuai dengan minat kita, tentunya dengan aktif berkegiatan kita bisa menemukan orang-orang baru yang dapat menjadi networking baru bagi kita.

Biasanya, setiap organisasi memiliki ragam kegiatan menarik yang bisa kalian ikuti, mulai dari volunteering, project, internship, dan masih banyak lagi.

Peran Anak Muda Tingkatkan Literasi dan Jaga Perdamaian di Ranah Digital

Menjadi pribadi yang suka menolong

Semua orang pastinya senang jika memiliki relasi yang siap untuk menolong mereka ketika dibutuhkan. Menjadi pribadi yang suka menolong pastinya akan membuat orang lain dapat mengandalkan kita dan akan terus membangun hubungan yang baik dengan kita.

Selain itu, kita juga berkemungkinan untuk mendapatkan rekomendasi dari orang tersebut yang pada akhirnya dapat membuka pintu kepada networking lainnya diluar sana.

Bentuk personal branding

Personal Branding adalah persepsi publik akan sesuatu yang melekat pada diri kita. Ketika kita bisa mendefinisikan dan menunjukkan personal branding kita kepada khalayak umum, kita tentunya akan mendapatkan banyak manfaat.

Personal branding yang baik akan menghasilkan penilaian yang baik juga dari orang lain. Hal inilah yang akan membuat kita lebih mudah untuk mendapatkan networking baru.

Lakukan pekerjaan dengan baik

Mengerjakan segala pekerjaan dengan baik bukan hanya membuat kita akan terlihat professional, namun juga akan mendekatkan kita kepada networking baru yang berkualitas.

Dengan selalu bersikap seperti ini, orang akan mengapresiasi pekerjaan kita yang baik dan akan membuka kesempatan promosi diri kita ke orang lain. Jadi, tetap lakukan segala sesuatunya dengan baik, ya!

Selalu banyak cara yang dapat kita ambil untuk memperluas networking kita. Seperti kata sebuah pepatah “banyak jalan menuju Roma”, begitu juga halnya dengan menemukan networking. Organisasi dalam berbagai jenis skala baik itu wilayah, nasional, atau internasional dapat menjadi sarana dan pilihan yang tepat untuk memulai menjalin networking berkualitas di kalangan anak muda.

Tantangan Mengamalkan Nilai dan Makna Pancasila di Kalangan Anak Muda

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan AIESEC Indonesia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel AIESEC Indonesia.

Tertarik menjadi Kolumnis GNFI?
Gabung Sekarang

AI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini