Menanti Stadion Baru di Sumut, Penerus Sejarah PON Setelah Stadion Teladan

Menanti Stadion Baru di Sumut, Penerus Sejarah PON Setelah Stadion Teladan
info gambar utama

Masyarakat Sumatera Utara bakal punya stadion baru. Lokasinya adalah di Kabupaten Deli Serdang.

Sumatera Utara bisa dibilang saat ini tidak punya stadion yang representatif untuk menggelar ajang-ajang besar. Namun, hal itu tidak lama lagi akan berakhir. Sebab, sebuah stadion baru bakal hadir di sana.

Ya, pemerintah telah merencanakan untuk membangun stadion baru. Untuk itu, pemerintah telah menyiapkan lahan di Desa Sena Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang.

Adalah Pekan Olahraga Nasional alias PON XXI/2024 yang mendorong pemerintah untuk segera membangun stadion baru. Maklum saja, pesta olahraga Indonesia itu memang akan dilaksanakan di Sumut. Bersama Aceh, Sumut memang ditunjuk untuk menjadi tuan rumah.

Tidak mau berlama-lama, pemerintah ingin merealisasikan rencana pembangunan stadion baru di Sumut selambat-lambatnya 3 bulan lagi.

"Setidaknya dalam dua atau tiga bulan ke depan pembangunan stadion di Sumut tepatnya di Desa Sena Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deliserdang, sudah dapat dilaksanakan. Selain Sumut, di Aceh juga akan dibangun satu stadion," ujar Direktur Prasarana Strategis Kementrian PUPR Essy Asiah seperti dilansir Antara.

Kementerian PUPR bakal turun langsung menggarap proyek stadion baru di Sumut. Adapun pelaksanaannya secara legal disokong oleh Perpres 120 tentang "Penugasan Khusus dalam Rangka Percepatan Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur".

Selain lokasi pembangunan, desain stadion juga sudah siap. Dengan demikian rencana pembangunan tak butuh menunggu lama untuk bisa dieksekusi.

"Soal desain stadion sebelumnya juga menjadi kendala terlambatnya pembangunan ini. Namun untuk Sumut disepakati menggunakan basic desain, justru dari Aceh yang desainnya saat ini disebut masih membahasnya," lanjut Essy Asiah.

Indonesia Ingin Gelar Olimpiade di IKN, Inilah Deretan Stadion Megah di Kalimantan Timur

Penerus Stadion Teladan

Stadion baru di Sumut nantinya tidak ubahnya seperti penerus Stadion Teladan. Dalam sejarah PON, Stadion Teladan telah menorehkan sejarah sebagai tempat berkumpulnya para atler terbaik dari berbagai penjuru negeri.

Stadion Teladan adalah stadion yang terletal di Teladan Barat, Kota Medan. Stadion tersebut mulai dibangun pada tahun 1952 dalam rangka menyambut PON yang digelar di Sumut pada tahun berikutnya.

Stadion Teladan masih berdiri kokoh hingga saat ini. Biasanya, stadion tersebut digunakan oleh klub sepak bola PSMS Medan sebagai markasnya.

Kendati masih berdiri dan digunakan, Stadion Teladan termasuk stadion yang fasilitasnya jauh tertinggal dibandingkan stadion yang ada di banyak kota lain. Di Sumatera sendiri misalnya, terdapat Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring di Palembang dan Stadion Utama Riau di Pekanbaru sebagai dua contoh stadion modern.

Karena itu pula tak heran apabila rencana pembangunan stadion baru disambut positif. Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik berharap ada percepatan pembangunan sarana dan prasarana PON, di mana salah satunya adalah stadion.

"Masyarakat Sumut merindukan hadirnya stadion baru setelah Stadion Teladan Medan yang dibangun pada PON 3 tahun 1953," kata Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik.

Pujian untuk Cemerlangnya eSports Indonesia di Pengujung Tahun 



Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini