2 Bendungan Baru Resmi Beroperasi, 12 Kelurahan di Jakarta Bakal Bebas Banjir

2 Bendungan Baru Resmi Beroperasi, 12 Kelurahan di Jakarta Bakal Bebas Banjir
info gambar utama

Presiden RI Joko Widodo meresmikan bendungan Ciawi dan Sukamahi di Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/12). Peresmian ini dilaksanakan bersama Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Pembangunan kedua bendungan kering itu telah dimulai dari 2 Desember 2016 dan menghabiskan anggaran senilai Rp1,3 triliun.

Menurut Jokowi, kedua bendungan ini diperkirakan dapat menangkal banjir di 12 kelurahan. Bendungan Ciawi bahkan mampu menampung 0,5 juta meter kubik.

"Ciawi dan Sukamahi bisa reduksi dari 464 juta meter kubik menjadi 318 juta meter kubik. Kurang lebih nanti 12 kelurahan yang akan menjadi tidak terdampak (banjir) lagi karena adanya Waduk Ciawi dan Sukamahi," kata Jokowi dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Keindahan dan Pemanfaatan Bendungan Batutegi di Provinsi Lampung Sebagai PLTA

Bendungan ini didesain untuk mengurangi debit banjir yang masuk ke Jakarta dengan menahan aliran udara dari Gunung Gede dan Gunung Pangrango sebelum sampai ke Bendungan Katulampa yang kemudian mengalir ke Sungai Ciliwung, dikutip dari Indonesiabaik.id.

Kemudian, usai peresmian, Jokowi menyampaikan harapannya agar banjir Jakarta dapat berkurang hingga lebih dari 30,6 persen.

Supaya pencegahan banjir menunjukkan hasil yang semakin baik, Jokowi pun meminta Penjabat Gubernur DKI Jakarta untuk segera melanjutkan program normalisasi 13 sungai yang sempat terhenti di era kepemimpinan Anies Baswedan.

"Ditambah selesainya sodetan dari Ciliwung ke BKT (Banjir Kanal Timur) yang sekarang ini masih proses pembebasan lahan, kita harapkan bulan Maret juga sudah selesai, itu akan mengurangi banyak sekali wilayah yang sebelumnya tergenang menjadi tidak," kata Jokowi.

Mengutip situs Dirjen Sumber Daya Air Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane, volume tampung bendungan Ciawi bisa mencapai 6,05 juta meter kubik dan luas area genangannya 39,40 hektare. Bendungan itu mampu mereduksi banjir sebesar 111,75 meter kubik/detik. Pembangunannya menelan biaya sebesar Rp798,70 miliar.

Sementara itu, Bendungan Sukamahi memiliki daya tampung 1,68 juta meter kubik dan luas area genangan mencapai 5,23 hektare. Kemampuannya dalam mereduksi banjir mencapai 15,47 meter kubik/detik. Pembangunan bendungan yang telah direncakan dari 1990-an ini menghabiskan biaya senilai Rp464,93 miliar.

5 Bendungan dengan Kapasitas Terbesar yang Jadi Penyokong PLTA di Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini