Memulai Gaya Hidup Minim Sampah di Tahun 2023 Lewat Gerakan #30DaysZeroWasteChallenge

Memulai Gaya Hidup Minim Sampah di Tahun 2023 Lewat Gerakan #30DaysZeroWasteChallenge
info gambar utama

Menghadapi tahun baru di 2023, setiap orang biasanya memiliki resolusi masing-masing. Tentu, masing-masing resolusi sudah pasti membawa ke arah perubahan yang positif. Mulai dari resolusi untuk menjadi pribadi yang lebih produktif, hingga yang paling banyak ditargetkan sebagian orang adalah memulai gaya hidup sehat dan berkelanjutan.

Bicara soal gaya hidup sehat dan berkelanjutan, ada satu prinsip yang belakangan juga tak kalah populer dan kerap dipraktikkan oleh segelintir masyarakat Indonesia, yakni prinsip zero waste atau nol hingga minim sampah.

Adakah di antara pembaca yang pada tahun 2023 ini menyertakan resolusi tersebut?

Salah Kaprah Zero Waste dan Cara Asyik Mulai Prinsip Hidup Minim Sampah Plastik

Menjadi pribadi berkelanjutan lewat #30DaysZeroWasteChallenge

Tentu, di saat bersamaan ada banyak pihak yang juga menyuarakan dukungan baik dalam bentuk kampanye atau gerakan berarti untuk mendukung prinsip dan gaya hidup zero waste, salah satunya komunitas Zero Waste Indonesia (ZWID).

Seperti yang baru saja berjalan baru-baru ini, ZWID mengajak masyarakat untuk semangat memulai dan menerapkan gaya hidup minim sampah melalui #30DaysZeroWasteChallenge. Challenge ini telah berlangsung selama lima tahun berturut-turut dan diadakan pada bulan Januari tiap tahunnya, dengan pemberian 30 tantangan yang dibagi menjadi 1 tantangan per hari.

Mulai dari level gaya hidup minim sampah yang paling mudah sampai dengan level yang membutuhkan usaha lebih untuk melakukannya.

Masyarakat diajak untuk bergabung dalam kegiatan ini dengan cara yaitu melakukan pendaftaran komitmen pada laman website Zero Waste Indonesia. Kemudian, kami akan memberikan pedoman dan bantuan untuk memudahkan melakukan tantangan sesuai dengan jadwal tantangan tiap harinya.

Mengapa perlu bagi kita semua untuk mencoba menerapkan prinsip zero waste?

Selain aspek keberlanjutan dan kepedulian terhadap lingkungan, sejatinya gaya hidup minim sampah akan memberi banyak pelajaran bagi diri kita sendiri dan orang-orang di sekitar. Membuat kita lebih mengenal karakter dan juga kebutuhan kita.

Dengan memiliki mindset baru, kita tidak akan pernah melihat produk-produk dalam kemasan dengan cara yang sama, karena sesungguhnya zero waste bukanlah tujuan, namun “proses”.

Zero Waste Indonesia membuka periode pendaftaran komitmen selama 30 hari, dengan target 5000 orang mendaftarkan komitmennya di tanggal 31 Januari. Sehingga 1-31 Januari dapat serentak kita mulai bersama memulai momen sederhana untuk berproses, menjadi lebih baik bagi diri sendiri dan lingkungan, sesederhana dengan melakukan #30DaysZeroWasteChallenge.

Kampanyekan Gaya Hidup Minim Sampah, Maurilla Imron: Bumi Sedang Tidak Baik-Baik Saja

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini