Mengenal LavAni, Lambang Cinta SBY kepada Sang Istri dan Kekuatan Utama Voli Indonesia

Mengenal LavAni, Lambang Cinta SBY kepada Sang Istri dan Kekuatan Utama Voli Indonesia
info gambar utama

LavAni bukan klub bola voli biasa. Ada kisah menyentuh dari SBY dan istrinya di baliknya.

Kompetisi bola voli Proliga 2022 telah dimulai. Dalam daftar klub yang ikut sebagai peserta, terselip nama Jakarta LavAni Allo Bank sebagai kontestan di sektor putra.

Di antara klub lainnya, bisa dibilang Jakarta LavAni Allo Bank punya kisah yang paling menarik. Bagaimana tidak, klub tersebut bukan sekadar klub voli biasa. Di balik nama LavAni, terdapat kisah cinta yang sangat menyentuh dari mantan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY dengan mendiang istrinya, Kristiani Herawati atau yang juga dikenal dengan Ani Yudhoyono.

LavAni adalah klub yang didirikan SBY pada tahun 2019 lalu. Perlu diketahui, SBY memang menyebut dirinya sebagai penggemar voli dan menjadi pemain sejak masih duduk di bangku SD hingga menjabat presiden.

SBY pernah menuturkan sendiri kisah tentang LavAni kepada publik. Diutarakannya bahwa LavAni adalah caranya mengenang dan mengekspresikan cinta kepada sang istri. Nama LavAni bahkan diambil dari lafal "Love Ani".

"Pada tanggal 1 Desember 2019, saya dan teman-teman mendirikan Klub Bola Voli yang selanjutnya diberi nama 'Lavani'," kata SBY dalam video yang diunggah di akun Instagram aniyudhoyono pada 21 Juni 2020.

"Nama ini, yang berlafalkan 'Love Ani' atau 'Sayang Ani', adalah untuk mengenang dan mengekspresikan cinta abadi kepada istri tercinta, Ani Yudhoyono, yang telah berpulang ke rahmatullah pada tanggal 1 Juni 2019," lanjutnya.

Sejarah Stadion Menteng, Saksi Lika-liku Persija dan Sepak Bola Jakarta

Kekuatan Utama Voli Indonesia

Di samping kisah romantis nan menyentuhnya dengan sang istri, SBY tampak begitu serius dalam mengurus LavAni. Klub tersebut dibawanya menggebrak kancah voli profesional Tanah Air.

Buktinya tampak di ajang Proliga 2022. Saat itu, Bogor LavAni keluar sebagai juara setelah mengalahkan Surabaya Bhayangkara Samator 2-3 di partai final.

Untuk musim 2023 ini, LavAni mengusung nama Jakarta LavAni Allo Bank sehubungan kerja sama sponsorship mereka dengan emiten bank digital Allo Bank. Lawan-lawan tangguh pun telah menanti, termasuk lawan mereka di final musim lalu yang kini bernama Surabaya BIN Samator.

SBY sangat optimistis klubnya bakal mampu mempertahankan gelar juara pada musim ini. Menurutnya, LavAni sudah mengantongi modal penting sebagai bekal mengarungi Proliga 2023.

"Pengalaman tahun lalu dijadikan modal berharga untuk diperbaiki, dan hasil latihan tanding juga memberikan bekal untuk membaca kekuatan lawan, namun tetap tidak boleh dianggap remeh," kata SBY seperti dilansir Antara.

Skuad LavAni menyambut Proliga 2023 yang baru saja dimulai pertengahan pekan ini setelah melakoni serangkaian persiapan, mulai dari latihan fisik hingga uji coba.

"Dari segi latihan tidak jauh berbeda dibanding tahun lalu, basic dan advance training," ujar SBY.

Fakta Tentang Pembangunan Stadion Kanjuruhan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini