Sudah Tahu Arti Esport dan Perbedaannya dengan Gaming? Beda Lho!

Sudah Tahu Arti Esport dan Perbedaannya dengan Gaming? Beda Lho!
info gambar utama

Electronic Sport (Esport) kini menjadi industri yang dilirik oleh anak muda yang ingin menjadi fulltime gamer. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya atlet esport profesional yang semuanya adalah anak-anak muda. Naiknya pamor esport membuat stigma buruk terhadap game mulai pudar, serta menjadi pembuka jalan untuk mereka yang ingin menggantungkan hidupnya lewat game. Lalu, apa sebetulnya esport itu?

Memahami Pengertian Esport: Olahraga kok Ngegame?

pengertian esport, perbedaanya dengan gaming
info gambar

Electronic Sport (esport) adalah olahraga berbasis game electronic. Olahraga ini dilakukan dengan medium komputer/PC, ponsel, atau konsol PlayStation/Nintendo./XBox. Sebelum menjadi atlet esport profesional, calon atlet akan mengikuti pelatihan khusus supaya bisa menjadi atlet esport profesional yang mampu memenangkan berbagai kompetisi.

Baca juga: Peluang eSport Jadi Bagian Ekstrakurikuler dan Kurikulum di Jenjang SMP hingga SMK

Seperti atlet olahraga umumnya, atlet esport juga akan diberikan kontrak profesional dan harus bermain secara tim dalam suatu klub. Jika kontrak yang mereka terima dilanggar, mereka akan dikenakan sanksi oleh klub tempat mereka bernaung. Para atlet esport pun juga akan memiliki nilai transfer pemain yang harus ditebus saat mereka harus pindah klub.

Sejarah esport pertama kali dimulai pada 1972. Saat itu, 5 mahasiswa dari Stanford University mengikuti sebuah kompetisi game Spacewar bernama Intergalactic Spacewar Olympics. 8 tahun berselang, diadakanlah kompetisi Space Invaders Championship yang menjadi cikal-bakal esport yang kita kenal sekarang.

Tahun 2000-2010 menjadi momen di mana esport kian populer dan mendunia. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya negara yang menayangkan esport via televisi, seperti Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Saat ini, esport lebih sering ditayangkan via layanan streaming seperti NimoTV dan Twitch. Di Indonesia, esport sudah diakui oleh KONI dan bernaung di dalam Pengurus Besar Esport Indonesia (PB ESI). Adanya pengakuan tersebut membuat esport dapat dipertandingkan pada berbagai kompetisi tingkat nasional.

Jenis-Jenis Esport yang Populer

Saat ini esport sudah memiliki berbagai macam jenis. Dari sekian banyak jenis esport itu, beberapa di antaranya yang populer adalah:

  • Multiple Online Battle Arena (MOBA). Pada jenis esport ini, dua tim berbeda akan menjaga markas masing-masing sekaligus mencoba menyerang markas lawan mereka.
  • Battle Royale. Pada jenis esport ini, seorang atlet esport akan menghadapi lawan berjumlah 100 orang. Jika ia berhasil mengalahkan musuh-musuh tersebut, ia akan dianggap sebagai pemenang. Free Fire dan PUBG adalah dua game yang masuk jenis esport ini.
  • Fighting Game. Bisa dibilang jika ini adalah salah satu jenis esport paling lawas. Sesuai namanya, tiap atlet yang memainkan jenis esport ini akan saling bertarung (fighting) sampai akhirnya ditentukan siapa yang jadi juaranya. Mortal Kombat dan Tekken adalah dua contoh fighting game yang paling terkenal.

Apa Perbedaan Esport dengan Gaming?

pengertian esport dan perbedaannya dengan gaming
info gambar

Masih banyak yang belum bisa membedakan seperti apa esport dan gaming. Menurut Dedy Irvan selaku Pengamat Gaming dan Esport mengatakan, ada dua aspek yang membedakan esport dan gaming, yaitu tujuan dimainkannya suatu game pada esport dan gaming, serta pakaian yang dikenakan atlet esport dan gamer.

Game pada esport dimainkan untuk tujuan profesional, sedangkan game pada gaming dimainkan hanya untuk mengisi waktu luang. Dari aspek pakaian, atlet esport akan mengenakan seragam layaknya atlet dari cabang olahraga lainnya. Berbeda dengan pakaian gamer yang cenderung santai dan kasual.

Baca juga: Menanti Esports Indonesia Berjaya di SEA Games 2023

Referensi:
https://www.kompas.com/tren/read/2020/11/26/193100165/mengenal-esport-dan-bedanya-dengan-gaming?page=all
https://www.ekrut.com/media/esport-adalah
https://www.kompas.com/sports/read/2021/12/06/08200038/pengertian-e-sports-dan-jenisnya-?page=all

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Anggie Warsito lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Anggie Warsito.

AW
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini