Menyesap Kopi Rarobang Maluku yang Pedas-pedas Hangat

Menyesap Kopi Rarobang Maluku yang Pedas-pedas Hangat
info gambar utama

Coba bayangkan bila Anda menikmati suasana sore hari di Kota Ambon sambil menikmati nyanyian merdu dari masyarakat sekitar yang kerap melantunkan suara emasnya.

Suasana seperti ini akan semakin syahdu bila ditemani sebuah minuman hangat yang benar-benar lekat dengan kota ini.

Jika ada yang bertanya apa minuman yang otentik khas orang Ambon, maka jawabannya adalah kopi rarobang.

Kopi yang satu ini adalah minuman yang wajib dicicipi ketika datang ke Ambon.

Ambon dan Misinya untuk Terus Menjadi Kota Musik

Kopi yang kaya akan rempah

ewanvfe (Flickr)
info gambar

Uniknya, daerah Maluku bukanlah tempat penghasil kopi. Namun, karena tanah mereka kaya akan rempah-rempah, maka dengan kreativitas masyarakat inilah tercipta sebuah ide untuk mengolah rempah tersebut dengan minuman yang sudah menjadi favorit banyak orang, yaitu kopi.

Dari situlah, kopi rarobang pun tercipta. Kopi ini kerap diminum oleh orang-orang Ambon selepas bekerja untuk kembali menyegarkan pikiran dan tubuh.

Secara bahan, kopi ini bisa menggunakan biji berjenis robusta atau arabika yang terdiri atas racikan berbagai bahan, mulai dari jahe, serai, cengkeh, kayu manis.

Sementara itu, untuk pemanisnya, kopi rarobang yang khas menggunakan madu cair. Setelah semua racikan sudah diseduh bersama dengan air panas, tak lupa potongan biji kenari ditambahkan di atas topi. Bila menginginkannya, ada pula kopi rarobang yang menggunakan campuran susu kental manis.

Dari percampuran berbagai bahan rempah dan kopi inilah yang membuat aromanya sangat khas. Aroma kopi yang punya karakteristik tersendiri dan olahan rempah yang dibuat bersamaan dengan kopi membuat kopi rarobang punya aroma yang kuat namun menenangkan.

Racikan kopi ini pun rasanya juga berbeda dengan kopi yang lain. Percampuran rempah yang bertemu dengan kopi yang menggunakan pemanis madu ini menciptakan rasanya tersendiri.

Mulai dari sensasi pahit dari kopi yang berpadu dengan manisnya madu, kemudian rempah yang punya karakter sendiri memberikan sensasi pedas yang menghangatkan ketika disesapi.

Apalagi bila biji kenari yang gurih dan renyah ini juga sudah masuk ke mulut Anda bersamaan dengan kopi. Kenikmatannya benar-benar tidak bisa Anda temui di daerah lain.

Tak cuma nikmat dari segi rasa, kopi ini juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh yang berasal dari gizi rempah-rempahnya.

Mencicipi kopi rarobang adalah sebuah pengalaman baru untuk menikmati kopi. Terlebih lagi bagi para penikmat kopi, membeli segelas minuman ini adalah hal yang harus Anda lakukan ketika ke Maluku.

Ikan Asar, Kuliner Sarat Makna Ketahanan Pangan Ambon

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini