Pratama Arhan Lanjut Membela Tokyo Verdy, Tantangan Baru Rasa Lama Telah Menanti

Pratama Arhan Lanjut Membela Tokyo Verdy, Tantangan Baru Rasa Lama Telah Menanti
info gambar utama

Pesepak bola Indonesia Pratama Arhan punya episode baru kariernya bersama klub Liga Jepang Tokyo Verdy.

Pratama Arhan telah memastikan terus berkarier bersama Tokyo Verdy untuk musim 2023. Kepastian itu didapat setelah ia resmi memperpanjang kontraknya.

Kabar mengenai perpanjangan kontrak Arhan telah diumumkan Tokyo Verdy pada tanggal 19 Januari 2023 lalu.

"Tokyo Verdy telah memperpanjang kontrak pemain berikut untuk musim 2023." demikian isi pengumuman tersebut yang diikuti dengan profil Arhan di laman resmi klub.

Arhan sendiri menyambut perpanjangan kontraknya dengan positif. Ia mengaku senang bisa membela Tokyo Verdy lagi.

"Saya sangat senang bisa bermain bagi Tokyo Verdy lagi musim ini," katanya.

Perpanjangan kontrak ini berarti Arhan terus berkesempatan untuk merasakan kompetisi level tinggi di J2 League atau kompetisi kasta kedua Liga Jepang. Namun di sisi lain, Arhan juga harus menghadapi tantangan baru rasa lama, yakni berusaha lebih keras demi bisa bersaing menjadi pilihan utama.

Bersama Cheltenham Town, Elkan Baggott Membuka Lembar Baru Petualangannya di Liga Inggris

Persaingan Keras

Kendati Tokyo Verdy hanya bermain di kasta kedua Liga Jepang, bukan berarti persaingan menjadi pilihan utama akan mudah. Pengalaman Arhan selama musim 2022 adalah buktinya.

Arhan yang datang sebagai salah satu pemain muda Indonesia paling cemerlang sekaligus peraih gelar Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2022. Namun, ia tak langsung jadi andalan di Tokyo Verdy.

Arhan justru harus menghadapi menit bermain yang terbilang minim. Sepanjang musim 2022 saja, ia hanya diberi kesempatan tampil satu kali di liga.

Satu-satunya kesempatan tampil didapat Arhan saat Tokyo Verdy menyambangi markas Tochigi SC Kanseki Stadium, Utsunomiya pada 6 Juli 2022. Saat itu Arhan tampil sebagai starter dan bermain selama satu babak sebelum digantikan Mizuki Arai.

Sayang, laga melawan Tochigi tidak berjalan begitu baik untuk Arhan. Sebab, ia menerima kartu kuning pada menit ke-29. Untungnya Tokyo Verdy bisa menang 1-0 berkat gol Ryoga Sato pada menit ke-76.

Persaingan keras yang dihadapi Arhan untuk jadi pilihan utama sebetulnya wajar. Sebab, Tokyo Verdy memang punya pemain berposisi bek kiri lain yang ciamik. Klub ibu kota Negeri Matahari Terbit itu punya beberapa nama seperti Ren Kato dan Yuta Narawa.

Saat ini kompetisi musim 2023 belum dimulai. Namun baru-baru ini Arhan berkesempatan main bersama Tokyo Verdy dalam laga pramusim. Seperti dilaporkan Bolasport.com, Tokyo Verdy berlaga menghadapi Shizuoka Sangyo University di Tokinosumika Susono Ground pada Sabtu (21/1/2023)

Pertandingan digelar dengan format berformat 3 x 30 menit. Kendati tidak ada informasi resmi yang dirilis mengenai susunan pemain, namun dokumentasi klub menampilkan Arhan turut bermain dengan mengenakan kostum bernomor 38.

Sejarah Stadion Menteng, Saksi Lika-liku Persija dan Sepak Bola Jakarta

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini