Sentono Gentong, Tempat Wisata Alam nan Indah yang Bikin Gubernur Jatim Terpesona

Sentono Gentong, Tempat Wisata Alam nan Indah yang Bikin Gubernur Jatim Terpesona
info gambar utama

Sentono Gentong adalah salah satu tempat wisata alam yang indah di Pacitan. Keindahannya bahkan membuat Gubernur Jatim terpesona.

Bicara tentang wisata alam, semua tentu tahu bahwa Indonesia adalah jagonya. Dari Sabang sampai Merauke, bentang alam Indonesia baik itu daratan maupun perairan bisa dinikmati keindahannya.

Indonesia pun punya sejumlah tempat wisata alam yang terkenal. Misalnya Raja Ampat dan Bunaken yang tersohor dengan keindahan alam bawah airnya, atau Gunung Rinjani dan Bromo yang menantang untuk ditaklukkan.

Sementara itu, berapa banyak orang yang tahu Sentono Gentong? Mungkin namanya belum begitu terkenal, namun Sentono Genthong punya keindahan luar biasa yang membuatnya sangat layak menjadi pilihan destinasi wisata alam.

Integrasi Pengembangan Wisata Pedesaan dari A Sampai Z

Menikmati Pacitan dari Ketinggian

Sentono Gentong adalah sebuah tempat yang terletak di Kabupaten Pacitan, tepatnya Kecamatan Pringkuku. Jika dilihat di peta, Sentono Gentong terletak di bagian barat pusat kota Pacitan.

Sentono Gentong merupakan wilayah dataran tinggi. Lokasi wilayah yang demikian itu membuatnya punya keindahan yang memukau. Di Sentono Gentong, pengunjung dapat menikmati syahdunya dalam sembari memandagi pemandangan Pacitan berupa pantai, gunung, hingga gua dari ketinggian.

Sentono Gentong semakin menarik untuk dikunjungi karena jaraknya yang tidak jauh dari pusat kota. Untuk menuju ke sana, pengunjung memang harus melewati jalan memutar dari kota, namun jaraknya tidak lebih dari belasan kilometer saja.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sudah merasakan sendiri indahnya Sentono Gentong. Khofifah sempat berkunjung ke sana Pada Selasa (10/1/2023) bersama Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji dan Forkopimda Pacitan.

"Tidak heran jika Sentono Gentong menjadi salah satu destinasi "ngehits" di Pacitan," ujar Khofifah seperti dilansir laman resmi Diskominfo Jatim.

"Jatim ini banyak sekali tempat yang menyuguhkan keindahan bagi penikmat wisata alam, religi, kuliner, hingga tantangan bagi para penikmat dan atlet paralayang yang di Sentono Gentong biasanya dibuka sekitar bulan Maret, menyesuaikan arah angin. Sentono Gentong ini wisata yg memiliki sejarah yang kuat. Ini bisa dibilang wisata alam ya alam, religi ya religi, olahraga ya olahraga," lanjutnya.

Sesuai kata Khofifah, Sentono Gentong juga merupakan tempat wisata religi dan olahraga. Tempat tersebut adalah saksi bisu penyebaran Islam serta bisa digunakan sebagai lokasi olahraga paralayang.

"Tempat ini kental dengan cerita tentang Syeikh Subakir. Dulu kabarnya banyak jin yang mengganggu proses pembangunan dan perkembangan agama Islam di Nusantara. Kisah Syekh Subakir seperti dalam Babad Tanah Jawi ini tertanam sangat kuat sekali, dan juga mencontohkan harmonious partnership," jelas Khofifah.

Desa Wisata di Sukabumi Ini Punya Tanaman dengan Kandungan Super yang Terancam Punah



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini