Keanekaragaman Budaya dan Alam Menjadi Aset Penting Negara Indonesia

Keanekaragaman Budaya dan Alam Menjadi Aset Penting Negara Indonesia
info gambar utama

Negara Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya, alam, dan sejarah yang menakjubkan. Negara yang terletak di antara benua Asia dan benua Australia ini memiliki beribu-ribu pulau yang tersebar di seluruh nusantara dan memiliki keanekaragaman etnis, agama, dan bahasa yang beragam.

Hal itulah yang menunjukkan betapa Indonesia sangat menghargai perbedaan dan dianggap sebagai negara yang memiliki toleransi tinggi.

Salah satu ciri khas dari negara Indonesia adalah terletak pada keanekaragaman budayanya. Indonesia memiliki kurang lebih 17.504 pulau, masing-masing pulau memiliki bahasa, tradisi, agama yang berbeda-beda.

Batik Labako, Perwujudan Budaya dan Identitas Masyarakat Jember

Pulau Jawa merupakan pulau terbesar di Indonesia dengan sekitar 40% populasi Indonesia dan sangat kaya akan budaya contohnya, seperti Wayang Kulit, Keris, Batik, Kebaya, dan Gamelan, dan lainnya.

Kemudian, di Pulau Sumatera juga terdapat Suku Batak yang sangat terkenal keahliannya dalam memasak masakan tradisional khas, seperti saksang dan naniura. Budaya di Pulau Bali juga sangat terkenal di Internasional karena keindahan seni tari dan arsitektur tradisionalnya.

Selain pada keanekaragaman budayanya, Indonesia juga memiliki keindahan alam yang tidak kalah menarik. Pulau-pulau di Tanah Air memiliki pemandangan alam yang sangat indah seperti pantai, gunung, dan hutan hujan tropis.

Misalnya, Gunung Rinjani yang terletak di Nusa Tenggara Barat merupakan gunung berapi tertinggi kedua yang ada di Indonesia. Lokasi tersebut memiliki pemandangan terindah se-Asia dengan dikelilingi hamparan bunga edelweis, sehingga menjadi tujuan utama wisatawan dari seluruh dunia.

Memaknai Nasihat Pernikahan dalam Tradisi Begalan dari Banyumas

Indonesia juga terkenal dengan kekayaan laut yang indah, terutama di Kepulauan Raja Ampat, yang disebut-sebut sebagai surga dunia. Keindahan dari objek wisata populer yang terletak di Papua barat ini mampu menarik banyak wisatawan dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Tidak hanya itu, negara kita juga memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah. Bumi Pertiwi mempunyai bahan tambang mineral seperti batu bara, emas, tembaga, dan lainnya. Kekayaan alam tersebut menjadi daya tarik para investor untuk berinvestasi di Indonesia. Pada sektor pertanian Indonesia juga terkenal akan kekayaan hasil pertaniannya seperti padi, kopi, kelapa, dan lain sebagainya.

Sejarah Indonesia juga sangat menarik. Negara kita pernah menjadi pusat perdagangan rempah-rempah dan menjadi sasaran penjajahan dari berbagai negara seperti Belanda, Jepang, Portugis, dan Inggris. Perjuangan Indonesia dalam meraih kemerdekaan dari penjajah menjadi salah satu momen paling penting dalam sejarah perjuangan, yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus sebagai Hari Kemerdekaan Indonesia.

Tidak hanya budaya dan kekayaan alamnya, di sisi lain, kita juga punya prestasi yang sangat membanggakan di bidang olahraga, sains, dan seni. Banyak atlet dari Indonesia yang telah berhasil meraih medali di ajang perlombaan olahraga internasional, seperti Olimpiade dan Asian Games.

Alat musik tradisional khas lokal, seperti angklung dan gamelan, juga sangat terkenal dan sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Kita juga memiliki tokoh-tokoh terkenal yang telah berhasil mengukir prestasi di kancah Internasional seperti B.J Habibie, Sri Mulyani Indrawati, dan Susi.

Gaet 5 Desainer Ternama, Wardah Wujudkan Dukungan Bagi Industri Mode Tanah Air di IFW 2023

Selain kekayaan dan keanekaragamannya, sebetulnya negara kita juga pernah di masa sulit. Tercatat di sejarahnya, tragedi mengerikan G30S/PKI terjadi pada tanggal 30 September 1965. Tak hanya itu saja, kerusuhan lainnya juga ada di bulan Mei tahun 1998 dan memakan banyak korban.

Indonesia juga punya konflik antar etnis dari berbagai daerah, seperti di Papua dan Maluku. Selain itu, kita juga masih terus menghadapi masalah kemiskinan, kurangnya akses ke pendidikan, dan kesehatan yang memadai.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini