Angker Banget! 7 Destinasi Wisata Horor di Indonesia

Angker Banget! 7 Destinasi Wisata Horor di Indonesia
info gambar utama

Apakah Kawan suka uji nyali? Hobi beradrenalin ini memang sering dilakukan di tempat atau wisata yang terbilang horor atau angker. Kamu bisa menemukan destinasi wisata horor di Indonesia. Pada umumnya, tempat liburan bernuansa menyeramkan memang memanfaatkan bangunan sejarah atau tua. Lalu, seperti apa destinasi wisata horor di Indonesia?

1. Lawang Sewu

Foto Lawang Sewu
info gambar

Tempat ini merupakan destinasi wisata horor terfavorit bagi orang uji nyali. Lawang Sewu berlokasi di Semarang, Jawa Tengah dan didirikan pada tahun 1907 oleh pemerintahan kolonial.

Lawang Sewu memiliki arti "seribu pintu" yang menggambarkan betapa banyak pintu dan jendela yang terdapat pada bangunan ini. Dulunya, Lawang Sewu pernah digunakan untuk menahan dan menyiksa para tahanan.

Maka dari itu, Lawang Sewu menyimpan jutaan kisah mistis yang bikin Kawan merinding. Bahkan, seringkali stasiun TV menampilkan beberapa penampakan yang diduga hantu di Lawang Sewu. Apakah Kawan berani untuk mengunjunginya?

Desa di Indonesia dengan Nama Unik dan Horor

2. Pantai Parangkusumo

Tim SAR di Pantai Parangkusumo
info gambar

Setelah gedung, Kawan bisa mengunjungi pantai angker di Indonesia. Pantai tersebut bernama Pantai Parangkusumo yang berlokasi di Bantul, Yogyakarta. Pantai ini memang menyajikan pemandangan yang indah dan spot foto menarik.

Meskipun begitu, pantai ini juga dikenal sebagai tempat tinggal dari Ratu Pantai Selatan atau Nyi Roro Kidul. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, Pantai Parangkusumo merupakan portal gaib yang menghubungkan dunia kerajaan dari Nyi Roro Kidul.

Pantai yang bersebelahan dengan Pantai Parangtritis ini terbilang angker di masyarakat. Masyarakat setempat sering mengadakan ritual-ritual adat, seperti mencuci keris dan menghanyutkan hasil bumi untuk para leluhur. Bahkan, pengunjung tidak diperbolehkan untuk memakai baju hijau.

Konon, mereka yang mengenakan pakaian hijau, bisa hanyut ditelan ombak karena kekuatan Ratu Pantai Selatan.

3. Gunung Kawi

Gunung Kawi
info gambar

Siapa yang suka mendaki gunung? Apakah Kawan pernah mendaki Gunung Kawi? Gunung Kawi berlokasi di Malang, Jawa Timur.

Selain menyajikan panorama yang indah, Gunung Kawi juga dikenal masyarakat dan para pendaki sebagai gunung misteri atau gunung mistis. Gunung Kawi pernah menjadi tempat pesugihan bagi masyarakat yang ingin kaya atau jodoh.

Menurut mitos yang beredar, Gunung Kawi merupakan markas jin yang bisa mengabulkan keinginan manusia. Bagi orang yang keinginannya terkabul, maka orang itu harus memberikan seserahan berupa tumbal manusia. Tumbal tersebut harus berasal dari orang yang masih ada hubungan darah dengannya.

Jika tidak mengabulkan keinginan jin, maka manusia itu akan diganggu oleh makhluk halus yang ada di Gunung Kawi. Bahkan, makhluk halus itu tidak segan-segan mencelakai keluarga atau kerabat.

5 Tradisi Horor Dan Menyeramkan Dari Indonesia

4. Alas Purwo

Alas Purwo
info gambar

Siapa yang pernah berkunjung ke Alas Purwo? Wisata ini berlokasi di Banyuwangi, Jawa Timur. Alas Purwo dikenal sebagia habitatnya flora dan fauna endemik di pulau Jawa.

Selain menyajikan panorama hijau, banyak orang percaya Alas Purwo sebagai kerajaan jin di Indonesia. Tempat ini sering dijadikan sebagai tempat petapa atau semedi, terutama pada malam satu suro.

Orang yang bersemedi biasanya menginginkan ilmu hitam atau mencari wangsit. Alas Purwo memiliki 40 goa dan sebuah makam. Goa yang paling terkenal di Alas Purwo adalah Goa Istana.

5. Goa Jepang

Wisata Goa Jepang
info gambar

Setelah kita mengenal bangunan sejarah oleh pemerintahan kolonial Belanda, Kawan bisa menemukan peninggalan Jepang, yakni Goa Jepang. Goa tersebut merupakan situs bersejarah yang dibangun pada 1942.

Pada awalnya, fungsi Goa Jepang adalah menyimpan senjata dan keperluan logistik tentara Jepang. Selain fungsi tersebut, Goa Jepang juga menjadi tempat penyiksaan penduduk lokal yang aktif dalam romusha.

Banyak penduduk yang kerap mendengar jeritan arwah para korban di Goa Jepang. Apakah Kawan yakin ingin mengunjunginya?

6. Ghost Palace Hotel Bali

Ghost Palace Hotel
info gambar

Diketahui, Bali menjadi wisata yang sudah terkenal secara internasional. Kawan bisa melihat banyak warga asing yang berkunjung ke Bali.

Selain menyajikan destinasi wisata yang khas, Bali juga menyajikan tempat mistis yang merinding. Tempat mistis itu adalah Ghost Palace Hotel. Banyak orang percaya bahwa hotel ini merupakan istana berhantu di Bedugul.

Bangunan tersebut memang sudah tua dan tidak beroperasi. Menurut mitos yang beredar di masyarakat, ada pegawai hotel yang bunuh diri di hotel tersebut. Kemudian, arwahnya menjadi penghuni hotel yang terus bergentayangan hingga sekarang.

7. Jembatan Ancol

Destinasi wisata horor di Indonesia
info gambar

Jembatan Ancol memang terkenal dengan kisahnya yang pernah diangkat menjadi film layar lebar berjudul Si Manis Jembatan Ancol. Dalam kisahnya, ada seorang wanita cantik yang diperkosa dan dibunuh.

Lalu, pelaku membuang jenazah wanita itu dari atas jembatan angker ini. Sejak cerita itu, banyak orang yang pernah melihat penampakan wanita cantik misterius itu di Jembatan Ancol. Apakah Kawan ingin membuktikannya?

Serial Horor Indonesia Teluh Darah Hadir di Busan International Film Festival

Itulah beberapa destinasi wisata horor di Indonesia. Sebenarnya masih banyak destinasi wisata horor di Indonesia yang bisa Kawan ulas. Kira-kira Kawan ingin berkunjung ke wisata horor yang mana?

Referensi:tokopedia.com| theasianparent.com| travel.okezone.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini