Mengenal Beragam Manfaat Pohon Damar yang Kayunya Laku Sampai ke Arab Saudi

Mengenal Beragam Manfaat Pohon Damar yang Kayunya Laku Sampai ke Arab Saudi
info gambar utama

Pohon damar punya beragam manfaat. Kayu dari pohon ini juga laku sampai ke Arab Saudi.

Pohon damar yang bernama latin Agathis dammara adalah salah satu spesies tumbuhan berukuran besar yang ada di Indonesia. Tumbuhan ini juga disebut sebagai salah satu tumbuhan asli Indonesia.

Seperti dilansir laman PPID Kota Serang, ada beberapa ciri fisik khusus yang bisa.dikenali dari pohon damar. Pertama, tingginya bisa mencapai 65 meter. Sementara itu batangnya memiliki diameter yang mencapai 1,5 meter. Lalu kulit batang pohon damar bisa berwarna abu-abu muda hingga coklat kemerahan.

Pohon damar biasa dimanfaatkan getahnya. Masyarakat lokal di Papua mengenal getah damar sebagai obat yang digunakan secara turun-temurun. Kenyataannya, getah damar memang memiliki beragam khasiat mulai dari mengobati diare, disentri, hingga menjadi bahan salep.

Sementara itu di dunia industri, getah pohon damar juga banyak dimanfaafkan. Korek api, plastik, plester, hingga kosmetik adalah beberapa benda yang memanfaatkan getah pohon damar sebagai bahan bakunya.

Menumbuhkan Padi Dayang Rindu yang Dirindukan Masyarakat Musi Rawas

Produk Pohon Damar Go International

Getah pohon damar tidak hanya dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia, melainkan juga mancanegara. Ini terbukti dari diekspornya produk batu damar buatan Indonesia.

Batu damar adalah getah pohon damar yang telah mengeras secara alami. Hasilnya adalah batu yang juga dikenal dengan nama amber.

Sebagaimana getah pohon damar yang masih mentah, batu damar juga dimanfaatkan untuk keperluan kesehatan. Batu damar dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Baru-baru ini, PT Global Utama Kalimantan yang berbasis Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah melakukan ekspor batu damar perdananya. Negara yang menjadi tujuan ekspor adalah India.

Bukan cuma getah pohon damar yang banyak dimanfaatkan, kayunya pun demikian. Kayu damar bahkan telah menjadi komoditas ekspor yang menguntungkan.

Belum lama ini, produk potongan kayu damar asal Kalimantan Selatan (Kalsel) berhasil diekspor. Pencapaian cemeelang ini ditorehkan oleh UMKM CV. Abdalta Indonesia binaan Kantor Bea Cukai Banjarmasin yang menjual produknya ke Arab Saudi.

Kayu damar memang diklaim punya banyak peminat di luar negeri. Sebab, kayu tersebut dikenal punya kualitas jempolan sehingga cocok digunakan sebagai bahan furnitur.

"Sebanyak 2.000 bag termuat dalam dua kontainer potongan kayu damar telah dikirim ke Arab Saudi melalui jalur laut dari Banjarmasin," ujar Kepala Kantor Bea Cukai Banjarmasin Edy Susetyo, seperti dilaporkan ANTARA.

Memulihkan Eksistensi Padi Lokal Rojolele Delanggu Lewat Ekowisata dan Pemberdayaan





Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini