Anggrek Vanda Douglas, Bunga Cantik Nan Mempesona Ikon Kota Tangerang Selatan

Anggrek Vanda Douglas, Bunga Cantik Nan Mempesona Ikon Kota Tangerang Selatan
info gambar utama

Setiap kawasan di Indonesia memiliki ikon yang mencerminkan kearifan lokal. Salah satu wilayah yang memiliki ikon menarik adalah Kota Tangerang Selatan yang memiliki ikon khas daerah berupa bunga anggrek.

Bunga anggrek merupakan salah satu tanaman hias yang cantik dan mudah dijumpai di lingkungan sekitar. Bunga anggrek memiliki warna yang indah menawan sehingga memikat orang-orang yang memandangnya.

Bunga anggrek juga digunakan sebagai simbol bagi negara tertentu. Dilansir dari laman Gramedia, negara Singapura dan Thailand menganggap bahwa bunga anggrek sebagai bunga kebangsaan.

Kemudian, Tiongkok menganggap bahwa aroma harum dari bunga anggrek dipercaya berasal dari tubuh Kaisar Tiongkok. Selain itu, masyarakat Yunani menganggap bunga anggrek sebagai simbol kejantanan.

Jenis bunga anggrek yang menjadi ikon kota Tangerang Selatan adalah anggrek vanda douglas. Menurut penelitian Dwi Saptorini, dkk. anggrek vanda douglas merupakan hasil persilangan antara vanda sanderiana dan vanda tricolor.

Persilangan yang dilakukan dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan keanekaragaman hayati dan menghasilkan spesies baru dengan kualitas yang lebih baik.

3 Bunga Nasional Khas Indonesia: Melati Putih, Anggrek Bulan, dan Padma Raksasa

Selayang Pandang Bunga Anggrek Vanda douglas

Bunga anggrek vanda douglas berasal dari genus vanda yang memiliki hampir 60 spesies. Vanda berasal dari bahasa India yang bermakna daya tarik aroma, warna, dan bentuk bunga. Menurut Sarwono, anggrek dari genus ini memiliki batang yang tegak, monopodial (batang utama tumbuhan tampak jelas), dan tidak berumbi semu.

Bunga anggrek dari genus ini produktif untuk ditanam pada dataran rendah sampai ketinggian 200 mdpl. Setiap tanaman rata-rata dapat menghasilkan 4–6 tangkai bunga per tahun.

Bunga anggrek ini lebih sering digunakan sebagai pemanis ornamen atau karangan bunga karena sifat tangkai yang kaku sehingga sulit untuk dirangkai.

Bunga anggrek vanda douglas umumnya menjadi komoditas pasar dalam negeri karena kurang tahan apabila dibawa perjalanan jarak jauh.

Bunga jenis ini tumbuh dengan baik pada dataran rendah sampai ketinggian 250 mdpl. Bunganya berukuran besar dan memiliki tampilan warna yang menarik. Tanaman ini memiliki corak berwarna ungu yang indah nan mempesona.

Keunggulan lainnya, anggrek jenis ini dapat bertahan hidup pada kondisi lingkungan dengan ketersediaan jumlah air yang terbatas. Tanaman anggrek ini menyukai matahari secara langsung (full sun) sehingga mudah dijumpai pada daerah pegunungan atau daerah yang bersuhu tropis.

Anggrek vanda douglas termasuk dalam tumbuhan terestrial karena hidup di atas tanah. Teknik perbanyakan tanaman ini dapat dilakukan dengan vegetatif melalui teknik stek.

Cara melakukan teknik stek dengan mengambil bagian tanaman yang sudah mencapai dua meter atau lebih. Batang tanaman dipotong kira-kira 80 cm dari pucuk tanaman lalu diberi perangsang akar dan ditanam pada media pertumbuhan tanaman.

Ada yang Endemik, Ini 3 Spesies Anggrek Hantu yang Ditemukan di Indonesia

Ikon Kebanggaan Kota Tangerang Selatan

Seorang petani anggrek jenis Vanda douglas yang sedang merawat kebun anggrek di Pamulang, Tangerang Selatan | Foto: Arie Basuki/Merdeka.com
info gambar

Kota Tangerang Selatan atau biasa disingkat sebagai Tangsel berada di bagian timur Provinsi Banten. Tangsel memiliki ikon kota berupa bunga anggrek jenis vanda douglas. Hal ini dikarenakan bunga anggrek tersebut marak dibudidayakan di kota ini.

Dilansir dari laman Kompas, terdapat 20 gabungan kelompok petani budidaya angrek yang tersebar di tujuh kecamatan di Tangsel. Usaha budidaya anggrek banyak dijumpai di kecamatan Ciputat, Pamulang, Serpong, dan Setu. Salah satu jenis anggrek yang dibudidayakan adalah vanda douglas.

Bunga anggrek vanda douglas menjadi salah satu varietas anggrek yang diminati oleh masyarakat. Keindahan bunga ini terlihat dari warna dominan ungu dan kelopak bunga yang agak mekar. Pemda Tangsel terus mendorong usaha budidaya jenis anggrek ini.

Dilansir laman merahputih.com, permintaan bunga anggrek Vanda douglas terus mengalami peningkatan. Permintaan pasar pada 2012 mencapai 5,5 juta tangkai yang selanjutnya bergerak naik menjadi 6 juta tangkai pada 2013.

Pada 2014, permintaan meningkat menjadi 7 juta tangkai. Kenaikan permintaan bunga anggrek diperkirakan terus bertambah seiring dengan luas pangsa pasar bunga anggrek.

Anggrek Tien Soeharto, Kenangan kepada Ibu Negara yang Mencintai Tanaman

Upaya untuk meningkatkan produksi anggrek jenis ini terus dilakukan dengan semakin banyak lahan yang dimanfaatkan untuk budidaya. Selain itu, nama anggrek vanda douglas juga disosialisasikan melalui berbagai media dan instansi, baik negeri maupun swasta.

Pembentukan kelompok tani dan pemberdayaan sumber daya manusia juga turut serta dilakukan untuk melestarikan ikon khas kota Tangsel ini. Dengan demikian, ikon kebanggaan kota Tangsel yang cantik nan mempesona tetap bertahan seiring majunya zaman.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini