Diresmikan Wakil Presiden RI, Menengok Masjid Istiqlal Osaka yang Ada di Jepang

Diresmikan Wakil Presiden RI, Menengok Masjid Istiqlal Osaka yang Ada di Jepang
info gambar utama

Wakil Presiden Ma’ruf Amin dikabarkan bertolak ke Jepang pada Minggu (5/3/2023). Seperti yang diberitakan detiknews, Wapres Ma’ruf Amin akan melakukan sejumlah kunjungan bilateral selama lima hari di sana.

Hari kedua kunjungan, tepatnya Senin (6/3/2023), Wapres Ma'ruf bersama rombongan menghadiri agenda peresmian Masjid Istiqlal Osaka. Di samping itu, mereka juga berjumpa dengan masyarakat Indonesia yang ada di Osaka dan Kyoto.

Melalui situs resmi Masjid Istiqlal Osaka, pihak pengelola sebelumnya juga telah membagikan undangan virtual mengenai agenda peresmian masjid tersebut.

Masjid Agung As-Salam, Tempat Ibadah Ikon Kota Lubuk Linggau

Masjid kebanggaan Muslim Indonesia di Jepang

Masjid Istiqlal Osaka atau dikenal MIO merupakan masjid pertama yang dikelola masyarakat Indonesia di Jepang. Lokasinya ada di distrik Nishirani Ward, pusat Kota Osaka. Pembangunan masjid ini dilakukan dengan memanfaatkan gedung tujuh lantai (lima lantai utama dan dua lantai tambahan) yang dibeli seharga Rp28 miliar pada 12 Januari 2022.

Masjid kebanggaan Muslim Indonesia ini bisa menampung sekitar 1.500 orang jemaah dengan luas bangunan sekitar 1021,27 meter persegi. Kepada CNN Indonesia, Ketua Yayasan Masjid Indonesia Osaka Foundation, Herizal Adhardi, mengatakan bahwa mereka memutuskan untuk membangun masjid ini karena kebutuhan.

Sebelumnya sudah ada dua masjid lain di Osaka, yakni Masjid Chibune dan Masjid Ibaraki. Namun, letak keduanya cukup jauh dari pusat wisata. Untuk melaksanakan ibadah besar pun sebelumnya warga Indonesia harus menyewa ruangan.

Karena itu, kehadiran Masjid Istiqlal Osaka ini harapannya bisa mempermudah umat Muslim yang ingin beribadah di wilayah tersebut.

Meski baru diresmikan hari ini, Masjid Istiqlal Osaka ternyata sudah digunakan sebagai tempat ibadah dan kegiatan umat muslim di sana sejak awal 2022. Dikutip dari ppi.id, rencananya pihak pengelola akan mendirikan MIO Academy, madrasah untuk anak-anak.

Saat ini, pihaknya juga sedang merancang media informasi bernama MIO Official sebagai media siaran Islam. Berdirinya Masjid Istiqlal Osaka merupakan wujud dari impian dan harapan orang Muslim Indonesia di Jepang.

Masjid Baiturrahman Aceh: Arsitektur Saksi Sejarah Pembakaran Belanda hingga Tsunami

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini