Pecah Rekor, Penonton WSBK 2023 Mandalika Jadi yang Terbanyak

Pecah Rekor, Penonton WSBK 2023 Mandalika Jadi yang Terbanyak
info gambar utama

Penyelenggaraan event balap kelas dunia World Superbike (WSBK) 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit, Mandalika, NTB sukses mencapai rekor tertinggi selama penyelenggaraan WSBK dari tahun-tahun sebelumnya.

Harapannya, jumlah penonton yang sangat besar ini bisa menciptakan efek positif untuk ekonomi di masyarakat secara luas dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyebutkan bila sejak 3-5 Maret 2023 saat pelaksanaan kompetisi ini terdapat 59.251 penonton yang memenuhi podium di WSBK 2023 Mandalika. Artinya, terdapat peningkatan sebesar 14,76 persen dari pelaksanaan di tahun 2022 yang ada di angka 51.693 penonton.

"Kita bersyukur atas capaian yang baik ini. Kita semua mesti bangga bisa menjadi bagian dari sejarah, ini adalah angka yang sangat membanggakan," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam keterangan tertulis Kemenparekraf.

Kolaborasi antar pihak yang sangat kuat juga turut berkontribusi dalam meningkatkan jumlah penonton di tahun ini. Baik itu pemerintah, MGPA, ITDC, media, serta yang terus mendukung WSBK 2023 semuanya memberikan andil baik dalam terlaksananya WSBK ini.

Sandiaga Uno juga punya harapan agar pencapaian tersebut bisa menyertai pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat lokal, apalagi bagi para pegiat usaha UMKM.

"Alhamdulillah capaian yang super baik ini akan kami hitung dengan seksama melalui beberapa kajian. Jadi kita mesti bangga bahwa Mandalika terus menorehkan prestasi. Mari kita dukung bersama dan momentum ini kita jaga dengan baik dengan narasi positif membangun optimisme siap semua," lanjut Sandiaga.

Jelang WSBK 2023, 97,8 Ton Logistik Tiba di Sirkuit Mandalika

Dampak bagi masyarakat

Sandiaga juga menyebutkan bila Kemenparekraf akan mengkaji lebih jauh soal dampak WSBK 2023. Dengan data yang mendukung, tentunya masyarakat juga akan bisa mengetahui dampaknya secara komprehensif. Hal ini juga bisa menjadi modal dalam pelaksanaan MotoGP dan MXGP kedepannya di Indonesia.

Sementara itu, Priandi Satria selaku direktur MGPA mengapresiasi dukungan berbagai pihak dalam menyukseskan pelaksanaan WSBK Mandalika 2023 ini. Lebih lanjut, ia menyebutkan pula kalau Dorna Sport merasa bahwa ajang ini memberikan pengalaman berbeda, misalnya sentuhan budaya lokal yang sangat kuat.

"Dorna sangat senang, mengapresiasi dan sebagian besar dari kesenian pada hari ini juga ditayangkan secara live sebelum start. Jadi sekali lagi kami mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi semuanya dalam menyukseskan WSBK 2023," kata Priandi bersumber dari Kemenparekraf.

Bukan Cuma MotoGP dan WSBK, Kejuaraan Dunia Motocross Juga Ada di NTB

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini