Bukan Cuma MotoGP dan WSBK, Kejuaraan Dunia Motocross Juga Ada di NTB

Bukan Cuma MotoGP dan WSBK, Kejuaraan Dunia Motocross Juga Ada di NTB
info gambar utama

Agenda balap di Nusa Tenggara Barat atau NTB semakin bergeliat. Setelah MotoGP dan Worls Superbike, rencananya Kejuaraan Dunia Motocross juga akan digelar di sana.

Kejuaraan munia motocross yang dimaksud adalah Motorcross Grand Prix (MXGP) 2023. Ajang tersebut mempertemukan para pebalap top dari berbagai tempat.

Ada dua tempat yang ditetapkan sebagan venue pertandingan, yakni Sirkuit Samota dan Kota Mataram. Untuk jadwalnya, MXGP 2023 seri Samota direncanakan digar 22-26 Juni, sedangkan balapan di Kota yang akni 29-30 Juni dan finalnya pada 2 Juli 2023.

Oleh karena itu, NTB diprediksi lagi akan diramaikan oleh para penggemar balapan. Apakah Kawan GNFI adalah salah satunya?

"Jadi kalau acaranya 22-26 Juni maka tanggal 22 pebalap pada datang. Lalu setelah memanah, angkin (Selap). Di sini dimulai tanggal 29-30 Juni sampai tanggal final-nya tanggal 2 Juli itu," kata Komandan Lapangan MXGP Samota, Ridwan Syah seperti dilansir Antara.

Kendati digelarnya masih lama, pemerintah tampak sudah mulai menyusun langkah untuk memastikan gelaran MXGP berjalan lancar. Di Selaparang, sirkuitnya baru akan mulai dibangun pada Januari 2023 mendatang. Sementara itu Sirkuit Samota saat ini sudah ada dan hanya butuh perawatan.

"Untuk pembangunan sirkuit di Selaparang kami menunggu Infront begitu juga dengan detail model sirkuit. Kalau yang di Samota tinggal di maintenance saja. Karena sudah lama ndak dipakai," kata Ridwan Syah.

Membangun sirkuit di Selaparang sebetulnya tak terlalu sulit dibandingkan di Samota. Hanya saja, desain sirkuit yang akan dibangun masih belum jelas.

"Untuk pembangunan sirkuit di Selaparang kami menunggu Infront begitu juga dengan detail model sirkuit. Kalau yang di Samota tinggal di maintenance saja. Karena sudah lama ndak dipakai," kata Ridwan Syah.

"Kepastian desain sirkuit kami tunggu. Yang jelas pemerintah provinsi, kota dan kabupaten siap memberi dukungan meski event itu gawe nya swasta. Pemprov hanya menginginkan bagaimana kegiatan ini bisa mendatangkan dampak terhadap ekonomi di daerah," pungkasnya.

Indonesia Bisa Punya Sirkuit Bertaraf Internasional Lagi Selain Mandalika

Tentang MXGP

Kawan GNFI mungkin belum banyak yang tahu soal MXGP. Hal itu sebetulnya wajar mengingat masyarakat Indonesia lebih menggemari MotoGP sebagai tontonan balapan.

MXGP merupakan kejuaraan motocross paling bergengsi dunia. Ada dua kelas yang dilombakan, dan bisa diikuti para kontestan, yaknk MXGP and MX2.

Aturan dalam balapannya juga jelas berbeda. Balapan berlangsung selama 30 menit yang ditambah dua putaran.

Pada musim 2022, MXGL dimenangi oleh Tim Gajser. Pebalap asal Slovenia itu tergabung dalam tim Honda.

Euforia MotoGP Mandalika, Keramaian Parade Seremonial dan Berkah Bagi Masyarakat Lokal



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini