Heboh Aliran Sungai di Atas Jalan Tol Cijago, Bagaimana Penjelasannya?

Heboh Aliran Sungai di Atas Jalan Tol Cijago, Bagaimana Penjelasannya?
info gambar utama

Ramai beredar video yang memperlihatkan aliran kali di Jalan Raya Bogor atau perempatan pipa gas, Cisalak, Sukmajaya, Depok menjadi sorotan publik. Lantas video tersebut heran karena melihat aliran kali tersebut berada di atas jalan tol.

Video ini diunggah oleh akun Instagram @pensilmusic_ pada 13 Februari 2023. Dirinya kemudian sempat menanyakan kepada beberapa pedagang kopi keliling mengenai kebingungannya tersebut.

Mengenal Jalan Tol Pertama yang Beroperasi di 5 Pulau di Indonesia

Ternyata sama seperti pengambil video, pedagang kopi keliling mengatakan bahwa aliran kali itu berada di atas jalan tol. “Iya kalinya ada di bawah, makanya kalinya ada di atas jalan tol,” ujar pedagang kopi tersebut.

Mengendengar pengakuan dari pedagang kopi tersebut membuat perekam video tersebut terkejut. “Wow, berarti kalinya ada di atas tol!” katanya sembari terkejut.

Aliran sungai di atas tol

Dipaparkan dari Kompas, kali yang dimaksudkan oleh perekam video tersebut ternyata adalah aliran Kali Baru. Sungai selebar 5 meter itu memang berada di bawah Jalan Raya Bogor, tetapi alirannya ada di atas Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago).

Di bawah Jalan Raya Bogor, ada juga jembatan talang dengan dua lubang yang sengaja dibuat untuk menampung air. Hal ini dipasang supaya air tetap mengalir dan tidak bocor nantinya ke jalan tol.

Bewok, seorang warga setempat menjelaskan bahwa posisi sungai itu dianggap aneh setelah adanya pembangunan jalan tol. Padahal sebelumnya posisi sungai itu memang awalnya alirannya datar.

Solusi untuk Banjir Rob, Tol Tanggul Laut Semarang-Demak Beroperasi Akhir 2022

“Jadi waktu sebelum pembuatan memang itu alirannya di tanah datar. Berhubung adanya tol, jadinya adanya di atas,” ucapnya.

“Jadi kayak semacam bikin jembatan air lah,” tambahnya.

Warga yang lain yakni Wawan mengaku tak begitu terkejut akan keberadaan aliran kali yang berada di atas tol itu. Dia mengaku mengetahui bagaimana proses pembangunan rekayasa aliran kali tersebut.

“Kalau viral memang baru-baru ini, tapi saya mah emang sudah tahu. Malahan awal pembuatannya sempat bocor beberapa kali, sering ada bocor. Makannya sering perubahan tersebut,” ujarnya.

Penjelasan tol di bawah sungai

Pengelola Tol Cinere-Jagorawi atau Cijago yang merupakan Tim Engineer PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ), Dekstia mengungkapkan bahwa sungai tersebut memang berada di atas jalan tol yang dikelola oleh pihaknya.

Dekstia meminta agar masyarakat tidak panik melihat penampakan tersebut. Pasalnya aliran sungai di Jalan Raya Bogor atau perempatan pipa gas, Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya itu merupakan jembatan aquaduct yakni talang air berbentuk box.

“Kami menyebutnya jembatan aquaduct atau jembatan talang air dalam bentuk box. Fungsinya untuk mengalirkan air sungai dari selatan ke utara,” katanya yang dimuat Detik.

Menilik Progres Pembanguan 3 Ruas Tol dalam PSN 2022 di Pulau Jawa

Dirinya menjelaskan bahwa pembangunan tol tidak boleh memutus aliran sungai yang ada di sekitarnya. Karena itulah, pihaknya membangun infrastruktur untuk jalan air sungai yang ada di sana.

Dekstia memastikan keamanan infrastruktur yang dibangun oleh PT TLKJ itu telah terjamin. Dia menyebut lokasi yang sama seperti itu pun sudah ada yakni dibangun di sebelah jembatan kereta di Margonda.

“Pada tahun 2012 saat pembangunan Tol Cijago itu juga sudah dengan kajian yang matang. Jadi hitungan struktur pondasi dan struktur atas sudah aman, dan desain kita juga sudah diapprove oleh pemerintah,” tuturnya.

Kepala Dinas PUPR Depok Citra Indah Yulianty juga menambahkan bahwa Tol Cijago memang dibuat berada di bawah aliran kali tersebut. Hal ini dilakukan agar air hujan tak menggenangi permukaan jalan.

“Supaya tidak banjir. Lokasi jalan tol di bawah supaya saat hujan, air tidak tergenang di dalam jol tol,” katanya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini