Indonesia Mendapat Dana Senilai Ratusan Juta Dolar untuk Jaga Lingkungan

Indonesia Mendapat Dana Senilai Ratusan Juta Dolar untuk Jaga Lingkungan
info gambar utama

Pada awal Januari tahun 2022 lalu, Indonesia mendapat dana senilai ratusan juta dolar dari Global Environment Facility (GEF). Melansir detiknews.com, dana yang diterima Indonesia sebesar 103,65 juta dolar. Rencananya, dana itu akan digunakan untuk pelestarian lingkungan, seperti menjaga keanekaragaman hayati, penanganan iklim, dan degredasi lahan.

Berdasarkan informasi yang didapat dari ppid.menlhk.go.id, Wakil Menteri LHK, Alue Dohong, mengapresiasi alokasi dana dari GEF ini. Ia juga berterima kasih karena GEF telah mempercayai Indonesia dalam menangani krisis iklim.

“Saya mengapresiasi GEF karena telah memberikan kepercayaan kepada Indonesia dengan mengalokasikan STAR terbesar pada siklus ke-8, hingga mencapai 103.65 juta USD. Saya menyakini bahwa pelaksanaan dialog nasional ini sangatlah tepat dalam rangka memastikan keterlibatan aktif para pemangku kepentingan sejak tahap awal GEF-8 periode 2022-2026," tegas Wakil Menteri LHK Alue Dohong dalam acara National Dialogue Indonesia (NDI) di The Westin Resort Nusa Dua, Bali, Senin (16/1/2023).

Indonesia Dihujani Pendanaan Lingkungan Lebih dari Rp300 Triliun, untuk Apa Saja?

Selain itu, kepercayaan GEF kepada Indonesia juga tidak terlepas dari penyelenggaraan G20 yang berlangsung tahun lalu. Hal inilah yang memicu komitmen nasional untuk melestarikan lingkungan dan mengatasi ancaman COVID-19.

“Komitmen Indonesia dalam melakukan berbagai kebijakan dan program untuk memenuhi tujuan konvensi yang telah diratifikasi sangat tinggi dan optimis ke depan Indonesia akan semakin baik dalam pengelolaan lingkungan. Indonesia sudah menjalankan program konservasi keanekaragaman hayati, pengurangan degradasi lahan, penghapusan penggunaan bahan perusak ozon, dan pengendalian dampak perubahan iklim," ungkap Wakil Menteri LHK, mengutip ppid.menlhk.go.id.

Pada acara ini, CEO GEF, Carlos Manuel Rodriguez menyampaikan apresiasi kepada Indonesia yang telah melaksanakan upaya mengatasi isu lingkungan melalui pengelolaan dana GEF.

Indonesia mendapat dana senilai ratusan juta dolar
Pemberian dana oleh GEF kepada pemerintah Indonesia akan digunakan untuk melestarikan lingkungan secara nasional | Sumber: detik.com

"Saya puas atas implementasi dana GEF di Indonesia yang didasarkan pada evaluasi yang dilakukan tidak hanya oleh pihak kami, namun juga oleh pihak luar lainnya. Indonesia masuk dalam lima besar negara yang mampu memberikan dampak dan hasil secara nyata. Hal ini didukung oleh kebijakan politik di Indonesia yang terus melakukan pengembangan pada aspek sumber daya manusia," kata Carlos seperti yang dikutip dari laman bengkulu.antaranews.com.

Nara Kupu Jogja, Edukasi Sekaligus Belajar Menjaga Lingkungan

Dengan begitu, pemerintah Indonesia berupaya dalam menjaga lingkungan secara nasional maupun global. Beberapa upaya tersebut, seperti pengelolaan dan pemanfaatan dana untuk menciptakan lingkungan hidup yang terintegrasi, serta melakukan kolaborasi bersama pemerintah, swasta, dan masyarakat.

Tidak hanya itu, pemerintah juga memperhatikan dengan seksama tentang pembangunan infrastruktur agar tidak merusak lingkungan. Dengan hal ini, bagaimana sikap Kawan dalam menjaga lingkungan?

Ada beberapa upaya dalam mendukung pemerintah untuk melestarikan lingkungan. Contohnya, Kawan bisa melakukan kerja bakti bersama warga setempat, sosialisasi tentang penebangan liar, dan bekerja sama dengan aktivis lingkungan untuk membuat program kerja terbarukan.

Tidak hanya itu, Kawan bisa mencegah krisis energi dengan melakukan kegiatan penghematan. Contohnya, Kawan bisa mematikan keran jika tidak diperlukan, mendukung kebijakan pemerintah terkait alternatif bensin, dan mengolah sampah daur ulang.

Kawan juga bisa bergabung ke beberapa komunitas atau organisasi yang bergerak di bidang lingkungan. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan pengetahuan sekaligus relasi terkait lingkungan hidup di Indonesia. Pastinya, Kawan juga bisa mengkritisi sekaligus memberikan solusi terhadap isu lingkungan yang terjadi secara nasional.

5 Aneka Plastik Ramah Lingkungan, Ada yang dari Sisik Ikan

Maka dari itu, secara tidak langsung, Kawan sudah ikut mendukung program prioritas nasional (lingkungan), tujuan-tujuan konvensi pada acara GEF dengan Menteri LHK, dan menghadapi tantangan pengelolaan lingkungan di masyarakat. So, sudah siapkah Kawan memberikan perubahan positif pada lingkungan sekitar Kawan?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini