Jelang Olimpiade Sains Internasional 2023, Kemendikbud Ristek Lakukan Pembinaan Intensif

Jelang Olimpiade Sains Internasional 2023, Kemendikbud Ristek Lakukan Pembinaan Intensif
info gambar utama

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Pusprenas) tengah mempersiapkan perwakilan Indonesia menuju olimpiade sains tingkat internasional tahun 2023.

Siswa yang dipersiapkan sebagai wakil Indonesia ini merupakan para peraih medali Olimpiade Nains Nasional (OSN) jenjang SMA/MA tahun 2022.

Mereka terbagi dalam kelompok sesuai bidang olimpiade, yakni Biologi, Kimia, Kebumian, Ekonomi, Geografi, Matematika, Komputer, Astronomi, dan Fisika. Masing-masing bidang ini terdiri atas 30 peserta didik.

Pelaksanaan Pembinaan Tahap I telah dilaksanakan pada tanggal 13–26 Februari 2023 dan khusus Pembinaan International Biology Olympiad (IBO) akan dilaksanakan pada tanggal 23–9 Maret 2023.

Melansir tempo.co, pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional, Hendarman melalui laman resmi Pusprenas, Selasa (7/3/2023), berharap para siswa peserta pembinaan mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru yang berguna sebagai bekal kedepannya.

Peserta Pembinaan Tahap I selanjutnya diseleksi untuk masuk ke Pembinaan Tahap II, yakni sejumlah 15 peserta. Kemudian hasil pembinaan dan seleksi Tahap II, akan diperoleh sebanyak 4–8 peserta didik terbaik yang ikut pembinaan akhir untuk mewakili Indonesia ke ajang internasional.

Indonesia Ingin Gelar Olimpiade di IKN, Inilah Deretan Stadion Megah di Kalimantan Timur

Indonesia tak pernah absen dari juara

Tahun 2022 yang lalu, Tim Olimpiade Matematika Indonesia berhasil meraih satu medali perak, empat medali perunggu, dan satu honourable mention di International Mathematical Olympiad (IMO) ke-63 di Oslo.

Sementara itu, di bidang fisika, Tim Fisika Indonesia juga berhasil membawa pulang satu medali emas, tiga medali perak, dan satu medali perunggu dari International Physics Olympiad (IPhO) 2022 di Zurich, Swiss.

Kemudian pada ajang International Biology Olympiad (IBO) 2022 di Armenia, Tim Biologi Indonesia pun sukses menyabet dua medali emas dan dua medali perunggu.

Indonesia seakan tak pernah absen dari juara berbagai kompetisi akademik maupun non akademik global. Semoga di olimpiade sains internasional tahun ini tim Indonesia juga bisa memberikan hasil yang maksimal.

Eks Atlet Indonesia Dapat Medali Olimpiade London 2012 Setelah 10 Tahun Berlalu, Kok Bisa?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini