Di Kampung Ini, Ikan Lele Hadir Membawa Berkah untuk Warga

Di Kampung Ini, Ikan Lele Hadir Membawa Berkah untuk Warga
info gambar utama

Ikan Lele benar-benar membawa berkah dari Tuhan di sebuah kampung yang terletak di Kelurahan Wates, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto.

Di sana, terdapat suatu kawasan bernama Lingkungan Karanglo. Kawasan itulah yang menjadi tempat lele membawa berkah besar bagi warga setempat.

Bukan tanpa alasan, warga Lingkungan Karanglo. sebagian besarnya memang menggantungkan hidup dari lele. Mereka menekuni pekerjaan sebagai pembudidaya lele.

Karena hal itu pula, Karanglo ditetapkan sebagai Kampung Lele oleh pemerintah daerah setempat. Peresmian Karanglo sebagai Kampung Lele juga dilakukan dengan kunjungan Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari ke sana.

"Hari ini ada satu lingkungan yang ditetapkan sebagai Kampung Lele yaitu lingkungan Karanglo, Kelurahan Wates. Di sini sudah ada 40 bioflok seperti ini yang dibudidayakan secara masif oleh warga dalam satu lingkungan," ujar Ika seperti dilansir ANTARA.

Pemkot Mojokerto tampak sangat mendukung pengembangan usaha lele di Karanglo. Pemkot menyatakan siap memberikan bantuan untuk menyinergikan Kampung Lele dengan masyarakat kampung lain. Harapannya, kampung-kampung di Mojokerto dapat bekerja sama untuk menyejahterakan warganya.

Untuk Kampung Lele, misalnya dapat disinergikan dengan kelompok budi daya maggot. Untuk diketahui, Mojokerto juga mengembangkan budidaya maggot di sejumlah wilayah. Maggot sendiri adalah sejenis larva serangga yang dapat dimanfaatkan sebagai pakan ikan.

"Kami dukung penuh dan akan kami dampingi. Ke depan juga akan kami sinergikan dengan budi daya - budi daya yang lain untuk saling berkolaborasi," ujar Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Mojokerto Mochammad Hekamarta Fanani.

Oleh karenanya, tidak perlu heran apaba Anda mengunjungi Karanglo dan melihat ada sangat banyak kolam di sana. Satu kelompok budidaya bisa memiliki puluhan kolam yang siap menghasilkan lele yang melimpah.

Soal distribusi hasil budidaya warga Karanglo juga tidak pusing. Sebab, mereka sudah punya tengkulak yang siap menampung dan memasarkan lele.

4 Rekomendasi Minuman Kesehatan Asli Indonesia

Manfaat Lele

Tidak salah memang jika warga Karanglo memilih budidaya lele sebagai profesi yang ditekuni. Sebab, kenyataannya lele memang digemari di Indonesia dan banyak dikonsumsi. Apalagi, lele juga punya nutrisi yang bagus bagi tubuh.

Ya, lele memang begizi tinggi. Data yang dicatat laman Kementerian Kelautan dan Perikanan menunjukkan jika 100 gram lele mengandung 18 gr protein, 2,9 gr lemak, 50 mg Natrium, Vit. B12, Selenium, Fosfor, dan Tiamin.

Kandungsan gizi yang tinggi membuat lele adalah pilihan tepat untuk dikonsumsi masyarakat. Bahkan di Mojokerto sendiri, konsumsi lele terbukti menurunkan angka stunting.

Ya, berkah yang didapat Mojokerto dari lele bukan saja berupa pundi-pundi rupiah yang diraup, melainkan juga kesehatan masyarakat, khususnya anak-anak.

"Harganya murah tapi tinggi gizi, jadi tidak perlu gengsi makan lele karena ini ikan yang menyehatkan," kata Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan Artati Widiarti.

Lada Hitam, Riwayat Raja Rempah yang Populer di Masyarakat Dunia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

AR
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini