Bukan Cuma Olimpiade 2036, Indonesia Berhasrat Jadi Tuan Rumah Special Olympics 2031

Bukan Cuma Olimpiade 2036, Indonesia Berhasrat Jadi Tuan Rumah Special Olympics 2031
info gambar utama

Indonesia menunjukkan hasratnya untuk jadi tuan rumah ajang olahraga internasional di mana salah satunya adalah Special Olympics 2031.

Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia telah menghelat sejumlah ajang olahraga internasional, mulai dari Asian Games, MotoGP, hingga Piala Dunia Basket dan Piala Dunia U-20 yang bakal diselenggarakan tahun ini. Tren itu agaknya bakal berlanjut selama beberapa tahun ke depan.

Indonesia tampak masih berhasrat untuk menjadi tuan rumah ajang olahraga internasional. Terbaru, yang cukup menghebohkan adalah akan majunya Indonesia di pemilihan tuan rumah Olimpiade 2036.

Keinginan Indonesia untuk maju dalam pencalonan tuan rumah Olimpiade 2036 disampaikan Presiden Joko Widodo di sela-sela acara KTT G20 yang diselenggarakan di Bali. Indonesia juga sudah menyiapkan kota yang bakal menjadi lokasi perhelatan ajanh olahraga terakbar sedunia itu, yakni ibu kota baru yang biasa disebut IKN atau Nusantara.

“Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan kesediaan dan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Olympics 2036 di Ibu Kota Nusantara,” ujar Jokowi di seperti dilansir laman resmi Sekretariat Presiden.

Sekarang, ada lagi ajang olahraga yang dilirik oleh Indonesia. Ajang itu adalah Special Olympics 2031 yang mana Indonesia berkeinginan untuk jadi tuan rumahnya.

Indonesia Berpotensi Menjadi Tuan Rumah Berbagai Acara Olahraga Internasional

Special Olympics 2031

Special Olympics adalah ajang olahraga bagi atlet yang mengalami disabilitas intelektual. Perlu digarisbawahi bahwa Special Olympics berbeda dengan ajang seperti Ask-an Gramas.

Keinginan Indonesia untuk jadi tuan rumah Special Olympics 2031 disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali.

"Kita juga akan niat bidding untuk tuan rumah Special Olympics Tahun 2031. Kalau kita berhasil, apa yang sudah menjadi arahan Bapak Presiden kepada kami, kita akan bidding juga menjadi tuan rumah Olimpiade 2036," ujar Zaninudin Amali, seperti dilansir laman resmi Kemenpora.

Dari pernyataan Menpora, diketahui bahwa Special Olympics menjadi semacam awalan menuju Olimpiade. Jika nanti Special Olympics sukses diselenggaraka, baru Indonesia mengikuti bidding tuan rumah Olimpiade.

Bukan tanpa alasan Indonesia punya rencana seperti itu. Satu hal penting yang perlu diketahui, sukses menggelar Special Olympics 2031 maka itu akan jadi modal penting menuju pemilihan tuan rumah Olimpiade 2036. Kesukseaan menggelar Special Olympics berarti adalah nilai plus bagi Indonesia.

"Jadi kalau sukses Special Olympics, maka itu akan menjadi poin besar penilaian untuk kita bisa ditunjuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2036. Hal ini sebagaimana keinginan dan arahan Bapak Presiden Joko Widodo," lanjut Amali.

Sport Tourism, Target Baru Pariwisata Indonesia







Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini