Jelang Ramadan, 21,6 juta warga Akan Mendapatkan Bansos 10 Kg Beras

Jelang Ramadan, 21,6 juta warga Akan Mendapatkan Bansos 10 Kg Beras
info gambar utama

Menjelang masa Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HKBN), Airlangga Hartarto selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko) memiliki komitmen untuk memberikan bantuan sosial kepada 21,6 juta masyarakat.

Bentuk dari bantuan tersebut berupa 10 kilogram beras yang akan selama 3 bulan selama HKBN.

Bersumber dari ANTARA, terkait wacana ini juga sudah dibicarakan dengan Presiden Joko Widodo. Untuk tanggal pasti pembagiannya memang belum diberikan. Yang jelas, waktu pemberian bantuan ini akan dilaksanakan pada bulan Maret, April, hingga Mei 2023.

Hal ini dilaksanakan agar bisa menciptakan harga yang stabil untuk bahan pokok yang kerap kali melambung ketika jelang Ramadan sampai Idul Fitri. Terkait regulasi untuk penyaluran bantuan ini masih disiapkan Badan Pangan Nasional (Bapanas) bersama dengan Kementerian Keuangan.

“Bulan Maret ini akan ada survei terkait dengan kemiskinan sehingga tentu diharapkan kita bisa menahan inflasi agar kemiskinan tidak meningkat,” ujar Airlangga mengutip dari Kompas.com.

Ketersediaan Bahan Pangan Jelang Ramadan Dipastikan Aman

Disalurkan lewat BUMN

Pelaksanaan penyaluran bantuan ini nantinya akan dilaksanakan oleh dua BUMN pemerintah, yaitu Badan Usaha Logistik (BULOG) untuk beras serta ID Food untuk pemberian telur dan daging ayam.

"Beras dari Bulog, kalau yang lain ID Food," kata Airlangga dikutip dari ANTARA.

Pemberian bansos ini nantinya akan disalurkan untuk warga yang menjadi penerima dalam program Bantuan Pangan Non-tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Isa Rachmatarwata selaku Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan menyebutkan sebelumnya kalau data untuk orang-orang yang nantinya akan menerima bantuan ini masih diproses penyesuaiannya. Diskusi terkait dengan mekanismenya juga masih dilaksanakan Kemensos dan Kemenkeu.

Apabila mengacu dari data penerima di tahun 2022, jumlah warga yang mendapatkan bantuan ini ada 20,65 juta orang. Tetapi, data ini masih dalam proses pembaruan. Nominal harga beras menjadi patokan juga sedang dipastikan oleh Kemenkeu.

Isa juga punya harapan supaya pemberian bantuan ini bisa terealisasi pada Maret ini, mengingat beras untuk bansos ini sudah disediakan oleh BULOG.

Selain itu, pemerintah juga terus memantau pergerakan harga kebutuhn pokok menjelang Ramadan ini agar tetap berada pada harga normal

Untuk melakukan pengecekan apakah terdaftar sebagai penerima bansos Ramadan, maka bisa mengunjungi situs cekbansos.kemensos.go.id. Kemudian, masukkan isian yang diperlukan untuk pencarian data tersebut. Setelahnya akan muncul informasi terkait hal tersebut bantuan apa saja yang diterima bila memang terdaftar.

Di Kampung Ini, Ikan Lele Hadir Membawa Berkah untuk Warga

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini