Kemenangan Timnas Putri U-20 Indonesia Akhiri Kualifikasi Piala Asia Putri U-20 2024

Kemenangan Timnas Putri U-20 Indonesia Akhiri Kualifikasi Piala Asia Putri U-20 2024
info gambar utama

Timnas Putri U-20 Indonesia menyudahi perjalanannya di ajang Kualifikasi Piala Asia Putri U-20 2024 dengan kemenangan.

Dalam laga terakhir Kualifikasi Piala Asia Putri U-20 2024, Timnas Putri U-20 Indonesia menghadapi Singapura. Dalam laga itu pula Indonesia akhirnya mampu memetik kemenangan.

Laga kedua tim digelar di Stadion Viet Tri, Vietnam, pada Sabtu (11/3). Indonesia menang dengan skor telak 4-0.

Indonesia mampu unggul sejak menit ke-11 lewat tendangan Helsya Maeisyaroh dari luar kotak penalti. Kemudian pada menit ke-37, giliran Marsela Awi mencetak gol melalui aksi solo run sekaligus membuat Indonesia unggul 2-0 hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Indonesia unggul 3-0 setah Liza Madjar melepas tembakan keras dari dekat kotak penalti pada menit ke-67. Lalu, Marsela Awi mencetak gol keduanya pada menit ke-79 hingga keunggulan 4-0 Indonesia berakhir sampai laga tuntas.

Sebelum menghadapi Singapura, Indonesia lebih dahulu menghadapi Vietnam dan India Tercatat, Indonesia kalah 0-3 dari Vietnam dan 0-6 dari India.

Hasil laga yang diraih membuat Indonesia mengakhiri Kualifikasi Piala Asia Putri U-20 2024 dengan finis di posisi ketiga Grup F dengan raihan 3 poin. Sementara itu, posisi pertama dan kedua ditempati oleh Vietnam dan India (7 poin) sementara posisi paling bawah diisi Singapura (0 poin).

Indonesia Berpotensi Menjadi Tuan Rumah Berbagai Acara Olahraga Internasional

Persiapan Kurang

Kemenangan atas Singapura tak cukup untuk membuat Indonesia melaju ke tahap kualifikasi berikutnya. Sebab, hanya juara grup yang berhak langsung maju.

Terkait hal ini, Rudy Eka Priyambada selaku pelatih melihat bahwa timnya masih kurang dari segi persiapan. Menurutnya, persiapan Indonesia tidak sepanjang tim pesaing.

"Beberapa negara memiliki persiapan yang matang, seperti India dan Vietnam. Mereka rata-rata punya persiapan kurang lebih tiga bulan," ujar Rudy seperti dilansir laman resmi PSSI.

"Kalau saja kami memiliki persiapan yang panjang, mungkin bisa bicara panjang di turnamen ini. Seperti saat lawan Vietnam kami tidak kalah banyak. Saya berharap di masa depan bisa lebih baik lagi, dari apa yang kita pelajari di turnamen ini," katanya.

Rudy juga menaruh harapan besar kepada para pemain. Mengingat usia mereka yang masih muda, ada banyak kesempatan untuk terus berkembang dan tampil lebih baik di level berikutnya.

"Karena kebanyakan usia mereka dibawah 20 tahun, jadi waktu mereka masih banyak," lanjut Rudy.

"Saya berharap mereka bisa belajar dari turnamen ini, dan meningkatkan kemampuan sepak bolanya, serta nanti bisa masuk ke tim nasional usia lanjutnya di dua atau tiga tahun kedepan atau turnamen berikutnya," pungkasnya.

Sport Tourism, Target Baru Pariwisata Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

AR
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini