Makassar New Port, Pelabuhan di Timur Indonesia yang Terus Berkembang

Makassar New Port, Pelabuhan di Timur Indonesia yang Terus Berkembang
info gambar utama

Wilayah timur Indonesia punya pelabuhan bernama Makassar New Port. Pelabuhan satu ini seakan tak henti-hentinya dikembangkan.

Sesuai namanya, Makassar New Port berlokasi di Makassar, Sulawesi Selatan. Pelabuhan ini adalah sarana penunjang transporasi laut yang begitu diandalkan di wilayah timur Indonesia.

Makassar New Port mulai dibangun pada tahun 2015 lalu. Proses pembangunannya dijalankan dalam tiga tahap. Tahap I yang merupakan tahap pertama, proses pembangunannya dibagi lagi per paket, yaitu Paket A, B, C dan D.

Makassar New Port dibangun di atas area seluas 1.428 hektare berupa lahan reklamasi yang terletak di bagian utara Kota Makassar. Untuk saat ini, tahap pembangunan yang sudah tuntas baru tahap IA di mana tahap tersebut sudah tuntas pada tahun 2018 lalu.

Laman resmi Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas mempublikasikan bahwa pembangunan Makassar New Port tahap IA terdiri dari bagian dermaga. Adapun nilai proyeknya adalah sebesar Rp2,51 triliun.

Setelah tahap IA rampung pada 2018, pembangunan tahap IB dan IC pun dijalankan. Kini, dua tahap tersebut juga sudah hampir rampung.

Mercusuar Cikoneng, Saksi Bisu Pembuatan Jalan Anyer-Panarukan

Melancarkan Distribusi Logistik

Dalam tahap 1B dan 1C, dilakukan pembangunan Terminal 2. Kabar terbaru, penyelesaiannya telah mencapai 94,52 persen.

Setelah pembangunan tahap 1B dan 1C tuntas, kapasitas Makassar New Port akan bertambah. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pun berharap pelabuhan ini akan bisa melancarkan distribusi logistik di Indonesia.

"Saya mengapresiasi semua 'stakeholder' yang secara serius mengatur dan menjaga pelabuhan kita di Makassar. Kita harapkan dengan dua pelabuhan ini, yaitu Pelabuhan Soekarno Hatta dan Makassar New Port akan memperbaiki distribusi logistik Indonesia," ujar Budi Karya Sumadi, seperti dilansir ANTARA.

Untuk diketahui, saat ini, kapasitas alat di Makassar New Port adalah 1 juta teus per tahun. Setelah pembangunan tahap 1B dan 1C tuntas, kapasitas pelabuhan dapat meningkat drastis hingga mencapai 2,5 juta-2,6 juta teus per tahun.

Perlu diketahui, Makassar New Port tidak hanya melayani distribusi logistik berupa pengiriman barang, namun juga pengangkutan penumpang. Terdapat terminal penumpang dengan luas bangunan 6.608 meter persegi. Di sana, sebanyak 1.500 orang penumpang dapat ditampung.

Pelaksanaan seluruh tahap pembangunan Makassar New Port masih akan berlangsung hingga tahun 2037 mendatang. Tak hanya membangun bangunan pelabuhan, pengadaan peralatan pendukungnya pun turut dilakukan oleh PT Pelindo.

Bali dan Surabaya di Antara New Ports of Call Oleh Oceania Cruises'





Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini