Mengenal Lebih Dalam Sejarah dan Daya Tarik Museum Ullen Sentalu Yogyakarta

Mengenal Lebih Dalam Sejarah dan Daya Tarik Museum Ullen Sentalu Yogyakarta
info gambar utama

Museum Ullen Sentalu merupakan salah satu objek wisata bersejarah yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Museum ini menawarkan berbagai macam pesona keindahan dan keunikan yang akan membuat Kawan kagum. Tak heran jika museum ini menjadi salah satu destinasi wisata terfavorit saat mengunjungi Yogyakarta.

Ketika mengunjungi Museum Ullen Sentalu, Kawan GNFI akan disambut dengan hawa sejuk di sekitar museum. Selain karena museum ini terletak dekat dengan Gunung Merapi, museum ini dikelilingi dengan pohon-pohon yang sejuk nan rindang.

Museum ini terletak di Jalan Boyong, Kaliurang, Kecamatan Pakem, Sleman, Yogyakarta. Meskipun letaknya lumayan jauh dari pusat kota, tetapi tidak mengurangi citra dan daya tariknya mendatangkan pengunjung, baik lokal, nasional, maupun mancanegara.

Museum Ullen Sentalu merupakan salah satu destinasi wisata yang mengenalkan kebudayaan dan koleksi-koleksi benda bersejarah yang berasal dari Dinasti Mataram dan kehidupan para bangsawan di masa Kasunanan Surakarta, Kasultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman.

Mengenal Museum Perjuangan Bogor: Koleksi, Sejarah, Lokasi, hingga Kisah Menariknya

Sejarah museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu adalah museum swasta yang didirikan oleh Haryono dan dikembangkan bersama keluarganya dibawah naungan Yayasan Ulating Blencong sejak 1994.

Museum ini selesai dibangun dan diresmikan pada 1 Maret 1997 oleh KGPAA Paku Alam VIII. Keunikan dan daya tarik museum ini adalah koleksinya yang unggul dan nama Ullen Sentalu yang disematkan pada museum merupakan singkatan dari sebuah pepatah Jawa yang berbunyi Ulating Blencong Sejatining Tataraning Lumaku, yang bermakna “terang adalah penuntun jalan kehidupan”.

Nama Ullen Sentalu mengandung harapan mulia yang tersirat dari pemiliknya agar museum dan koleksi bersejarah di dalamnya dapat memperkaya wawasan sejarah budaya Jawa masa lalu dan sebagai cerminan budaya masa kini.

Museum Ullen Sentalu dapat dihayati dan dimaknai lebih dalam sebagai wadah dan sarana warisan kebudayaan benda dan nonbenda Indonesia.

Museum Gunungapi Merapi di Sleman, Daya Tarik Wisata tentang Gunung dan Gempa

Daya tarik museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu | Foto: budaya.blog.unisbank.ac.id
info gambar

Museum Ullen Sentalu memiliki visi dan misi sebagai benang merah dalam penjagaan dan pelestarian kebudayaan bangsa melalui rekonstruksi peradaban dan sejarah Jawa hingga hadir sebagai gambaran utuh pribadi dan karakter budaya bangsa.

Sebagai lembaga permanen yang bertanggung jawab menjaga dan melestarikan warisan budaya tangible (bendawi) dan terutama intangible (tak-bendawi), Museum Ullen Sentalu berperan penting sebagai zona pertemuan antara pewaris budaya dengan warisannya.

Hal ini selaras dengan karakter arsitektur museum dan koleksi-koleksi yang dipamerkannya. Nuansa arsitektur Jawa pada museum dan pernak pernik yang ditawarkannya tampak mempesona dengan perpaduan gaya bangunan modern pada bentuk fisik bangunan museum.

Di samping itu, pengunjung akan dimanjakan dengan keelokan etnis budaya Jawa yang ditengarai pada pintu masuk pintu museum yang bertuliskan ‘Ullen sentalu–Museum Seni dan Budaya Jawa’ (Javanese Culture and Art Museum).

Penampilan depan museum ini seakan menyambut hangat dan mengajak pengunjung menikmati nilai-nilai dan tampilan nuansa warisan budaya Jawa dan koleksi-koleksi yang ada didalamnya.

Kawan GNFI dapat menikmati dan menembus keindahan dan pesona bumi Jawa di Museum Ullen Sentalu dengan dua pilihan tur, Tur Adiluhung Mataram dan Tur Vorstenlanden.

Tur Adiluhung Mataram mengajak pengunjung menjelajahi budaya Adiluhung Mataram melalui lukisan, foto, syair, dan batik yang dikisahkan secara fairytale. Kawan GNFI akan berkenalan dengan para bangsawan Mataram dan memasuki kisah hidup mereka yang menguak seni budaya Jawa yang filosofis dan sarat makna melalui pesona lukisan, koleksi syair, serta foto-foto.

Sedangkan pada tur Vorstenlanden, Kawan akan diajak menjelajahi sejarah kekuasaan bumi Jawa serta masa keemasan Kesultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta melalui koleksi lukisan masterpiece Museum Ullen Sentalu.

Museum ini secara khusus memamerkan koleksi yang memberikan refleksi mengenai aspek kehidupan anggota keluarga bangsawan yang kurang diekspos pada masyarakat luar.

Dalam hal ini Museum Ullen Sentalu dengan koleksinya menampilkan citra wanita-wanita keraton dengan segala kelengkapan kehidupan kesehariannya dan kompleksitas tradisinya. Beberapa ruangan yang didedikasikan untuk menguak sejarah dan koleksi para putri dan ratu keraton ternyata merupakan ‘jantung koleksi’ Museum Ullen Sentalu.

Oleh karena itu, Museum Ullen Sentalu merupakan sarana dan sumber informasi yang langka dan sekaligus sebagai media pengetahuan mengenai wanita dalam konteks budaya pascakolonial di Indonesia.

Kualitas dan Keunikan Museum Ullen Sentalu dalam menghadirkan koleksi bersejarah dan mengemas budaya Jawa mampu membuat Kawan GNFI terpukau. Museum ini pernah disebut sebagai Museum Terbaik di Indonesia dan peringkat ke-2 menurut pilihan Traveler’s Choice Awards berkat keunikan dan kualitas sistem pengelolaanya.

Tak hanya itu, pengunjung akan merasa nyaman dengan adanya para guide/educator yang akan memberi informasi kepada pengunjung mengenai sejarah dan cerita yang ada pada setiap koleksinya.

Itulah penjelasan mengenai Museum Ullen Sentalu. Kawan tertarik untuk mengunjunginya?

Museum Aceh: Wisata Sejarah Etnografi Budaya dan Sejarah Aceh Era Hindia-Belanda

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SF
KO
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini