Museum Gunungapi Merapi di Sleman, Daya Tarik Wisata tentang Gunung dan Gempa

Museum Gunungapi Merapi di Sleman, Daya Tarik Wisata tentang Gunung dan Gempa
info gambar utama

Museum Gunungapi Merapi (MGM) merupakan satu-satunya museum gunung berapi di Jawa yang menyimpan berbagai dokumen, informasi, sejarah, dan koleksi menarik terkait Gunung Merapi di Sleman, DIY.

Lokasi museum yang berisi tempat penyimpanan berbagai koleksi Gunung Merapi ini berada di di Jln. Boyong tepatnya di Dusun Banteng, Kelurahan Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada 1 Oktober 2009, Menteri ESDM pada saat itu, yaitu Purnomo Yusgiantoro, datang ke lokasi yang jaraknya sekitar 5 kilometer dari pusat wisata daerah Kaliurang untuk meresmikan museum yang satu ini.

Museum Merapi yang kerap disebut MGM ini memiliki luas bangunan sebesar 4,470 meter persegi yang berdiri di atas tanah dengan luas sekitar 3,5 hektare. Museum ini hadir dengan fasilitas yang sangat lengkap di lokasinya. Tersedia area parkir, plaza, hingga taman yang bisa Kawan gunakan untuk menikmati suasana di sekitar lokasi museum ini.

5 Daya Tarik dari Museum Merapi

Lantas, apa yang membuat museum yang satu ini hampir selalu ramai pengunjung? Ada beberapa hal yang menjadi daya tarik tersendiri dari museum yang satu ini. Apa saja?

1. Sarana edukasi anak tentang pemantauan aktivitas gunung berapi

museum merapi
info gambar

Salah satu daya tarik tersebut adalah adanya peralatan pemantauan aktivitas Gunung Merapi. Di dalam museum ini, Kawan bisa langsung melihat bagaimana cara kerja dari peralatan pemantauan aktivitas gunung tersebut. Peralatan tersebut sangat bermacam-macam mulai dari komputer, radio, hingga seismograf.

Baca juga: Mengamati Burung dari Lereng Merapi

2. Sigap bencana dengan mencoba simulasi gempa

Kawan bisa merasakan sensasi kejutan dan kengerian yang dihadapi saat masyarakat menghadapi gempa yang memicu erupsi gunung berapi dengan simulasi alat di lokasi museum. Bahkan, pengunjung bisa mencoba simulasi gunung meletus dengan goncangan, getaran gempa sebelum terjadinya gunung meletus.

Selain itu terdapat miniatur Gunung Merapi dengan asap buatan diiringi suara gemuruh seakan-akan sedang erupsi. Menarik, bukan?

3. Melihat jejak yang tersisa dari sapuan awan panas Merapi saat erupsi

museum merapi sleman yogyakarta
info gambar

Daya tarik dari museum ini juga ada pada koleksi-koleksi yang bisa Kawan lihat langsung di dalamnya. Koleksi-koleksi tersebut mulai dari miniatur, proyektor, benda-benda historis, sisa-sisa barang penduduk, kendaraan, hingga kerangka hewan, yang pernah terpapar wedhus gembel saat Merapi erupsi.

Selain itu terdapat berbagai alat peraga bencana alam seperti tsunami dan gempa bumi, hingga diorama Gunung Merapi yang mampu menampilkan visualisasi saat terjadinya erupsi. Pengunjung pun bisa belajar tentang jalur awan panas saat erupsi besar, seperti saat peristiwa di tahun 1994, tahun 2000 dan tahun 2006.

Baca juga: Bukan Cuma soal Wedhus Gembel, Gunung Merapi adalah Tempat Wisata nan Indah

4. Sinema dalam bioskop mini untuk melihat film tentang Merapi

Hal lain yang juga tidak kalah menarik adalah terdapatnya bioskop mini yang bisa Kawan nikmati di dalam museum merapi ini. Kawan bisa menikmati film tentang Gunung Merapi yang berjudul Mahaguru Merapi saat Kawan masuk ke bioskop mini ini. Bioskop mini ini juga bisa digunakan untuk beristirahat setelah selesai berkeliling.

5. Bisa tur ke objek wisata yang berhubungan dengan Gunung Merapi

bunker kaliadem
info gambar

Usai menyaksikan koleksi museum, Kawan bisa mendatangi objek-objek wisata bersejarah yang berhubungan dengan peristiwa erupsinya Gunung Merapi. Kawan bisa menyewa jeep dan meminta bantuan tour guide untuk memandu perjalanan sambil belajar tentang segala hal yang terjadi saat peristiwa erupsi melanda. Objek wisata di sekitar yang bisa dikunjungi antara lain:

  • Bungker Kaliadem
  • Wisata Lava dan Batu Alien
  • Museum Mini Merapi
  • Museum Mini Sisa Hartaku
  • Galeri Omah Memoriku
  • Museum Petilasan Mbah Maridjan, dll

Jam Buka dan Harga Tiket

Kemudian apabila Kawan ingin mengunjungi museum yang satu ini, Kawan harus mengetahui kapan jam bukanya. Museum merapi sendiri memiliki jam operasional yang harus Kawan patuhi. Jadi, jangan sampai sudah jauh-jauh datang tapi waktunya tidak sesuai dengan jam yang sudah ditentukan.

Sayangnya saat ini Museum Gunungapi Merapi ini tutup sementara dan belum dibuka untuk umum karena tengah proses renovasi. Pandemi Covid-19 menjadikan tempat wisata ini mengalami kerusakan di berbagai lokasi yang berpotensi membahayakan pengunjung. Oleh karenanya tempat ini ditutup oleh Pemerintah Kabupaten Sleman, DIY dan rencananya akan dibuka kembali di akhir tahun 2023 atau awal 2024.

Baca juga: Menyapa Romantisnya Merapi dari Sudut Kaliadem

Referensi :

https://www.yogyes.com/id/yogyakarta-tourism-object/other/museum-gunung-api-merapi/

https://tempatwisataseru.com/wisata-sejarah-ke-museum-gunung-merapi-sleman/

https://www.nativeindonesia.com/museum-gunung-merapi/

https://mgm.slemankab.go.id/profil-museum-gunungapi-merapi/

https://id.wikipedia.org/wiki/Museum_Gunung_Merapi

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan R. Putra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel R. Putra. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini