Padukan Wisata Hingga UMKM, Borobudur Marathon 2023 Bukan Sekadar Lomba Lari

Padukan Wisata Hingga UMKM, Borobudur Marathon 2023 Bukan Sekadar Lomba Lari
info gambar utama

Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng akan kembali digelar pada 19 November 2023 mendatang. Lomba lari kali ini mengusung tema Voice of Unity sebagai bentuk menyuarakan semangat persatuan.

Tahun 2023 menjadi tahun ke-7 penyelenggaraan Borobudur Marathon yang merupakan hasil kolaborasi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Bank Jateng, Harian Kompas, dan Yayasan Borobudur Marathon. Tidak kurang dari 10.000 pelari dikabarkan akan terlibat dalam event tahunan itu.

Seperti yang diberitakan Kompas TV, Wakil Pimpinan Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo membeberkan bahwa Borobudur Marathon tahun ini akan dilaksanakan satu hari dengan beberapa kategori, yakni marathon, half marathon, dan 10K kepada pihak umum nasional dan internasional.

Untuk Pertama Kali, Umat Buddha Rayakan Magha Puja di Candi Borobudur

Bukan sekadar lomba lari

Peluncuran Borobudur Marathon 2023 telah dihelat di kawasan wisata Borobudur Magelang, Sabtu (18/3/2023). Acara launching ini diawali dengan parade kesenian serta tumpengan dari sekolah dan desa yang ada di dalam perhelatan Borobudur Marathon

Dalam rangkaian pre-event, Borobudur Marathon membawakan Bank Jateng Friendship Run ke 10 kota dengan tujuan untuk menginspirasikan dan mempromosikan Magelang. Adapun kota yang dimaksud adalah Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, Banjarmasin, Medan, dan Palembang.

Mengutip Kompas.com, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut kesempatan ini sebagai ajang promosi Borobudur Marathon ke luar daerah Jawa Tengah. Menurutnya, Borobudur Marathon tidak sekadar lomba lari, tapi memadukan olah raga, wisata, UMKM, hingga literasi perbankan dari Jateng.

Oleh karena itu, diprediksikan perekonomian Magelang dan sekitarnya bakal ikut meroket. Mulai dari hotel, homestay, balkondes hingga destinasi wisata serta UMKM. Ia juga mengharapkan masyarakat Magelang dan sekitarnya dapat memaksimalkan event tersebut untuk meningkatkan penghasilan.

Pembangunan Borobudur Highland Dimulai 2023, Fasilitas Berkelas Siap Manjakan Wisatawan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini