Sambut Bulan Suci, London Nyalakan Lampu "Happy Ramadan" untuk Pertama Kalinya

Sambut Bulan Suci, London Nyalakan Lampu "Happy Ramadan" untuk Pertama Kalinya
info gambar utama

Perdana dalam sejarah Inggris, 1,3 juta umat muslim West End London menyambut bulan suci Ramadan dengan menyalakan 30.000 lampu di sepanjang jalan. Sadiq Aman Khan, sang walikota London yang beragama Islam, telah menyalakan lampu Ramadan pertama di wilayah Piccadilly Circus.

Inilah momen penyambutan bulan puasa paling semarak yang belum pernah terjadi di negara itu sebelumnya. Jalanan West End yang ikonik akan menyala selama Ramadan 1444 H berlangsung.

Coventry Street, jalan yang menghubungkan Leicester Square dengan Piccadilly Circus, diterangi dengan pajangan besar bertuliskan "Happy Ramadan". Ornamen bulan bintang dan lampu warna-warni tampak mencolok di berbagai titik keramaian. Dekorasi yang berkilauan itu disebut melambangkan persatuan dan solidaritas umat muslim di London.

Menurut media Inggris Independent, penyambutan Ramadan semeriah ini diinisiasi oleh organisasi nonprofit bernama Ramadan Lights UK. Mereka bergotong-royong memasang papan dan hiasan khas Ramadan melalui donasi publik.

“Sebagai seorang Muslim yang bangga, saya ingin membawa keajaiban itu ke komunitas saya. Tiga tahun lalu, perjalanan itu dimulai dengan cahaya Ramadan," ujar Aisha Desai, pendiri organisasi tersebut.

Bali Damai dan Toleran, Nyepi dan Awal Ramadan Jatuh Bersamaan Bukan Masalah

Buka puasa bersama di lokasi termegah di Inggris

Sementara itu, kemeriahan Festival Ramadan 2023 tak hanya terjadi di wilayah West End saja. Pada 23 Maret nanti, Museum Victoria dan Albert dijadwalkan bakal mengadakan open iftar, yakni buka puasa bersama yang terbuka untuk umum. Museum tersebut telah mendirikan masjid pop-up dan paviliun Ramadan untuk muslim dan nonmuslim London.

Tak hanya itu, klub sepak bola Chelsea juga tak ketinggalan menggelar open iftar di lapangan Stamford Bridge pada 26 Maret mendatang, demikian laporan BBC News.

Jelang Ramadan, Pemerintah Bakal Salurkan Bansos Pangan selama Maret-Mei 2023

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini