Kisah Kolam Keramat yang Disucikan di Masjid Kasunyatan Banten

Kisah Kolam Keramat yang Disucikan di Masjid Kasunyatan Banten
info gambar utama

Masjid Kasunyatan jadi salah satu masjid tertua yang ada di Banten. Didirikan di atas tanah kurang lebih 2.544 meter persegi ini diperkirakan berdiri antara tahun 1552 sampai 1570 pada masa pemerintahan Sultan Banten Maulana Yusuf.

Dinukil dari Detik, Tubagus Romli Makmum, pengurus kenadziran Maulana Yusuf mengatakan bahwa Masjid Kasunyatan mempunyai kolam kulah (tempat wudhu) tertua yang ada di Banten.

Keunikan Masjid dengan Bentuk Kubah Berbentuk Kupiah Tradisional di Aceh

Dipercaya kolam itu pada masanya menjadi sumber mata air untuk bersuci para ulama ataupun santri yang ingin beri'tikaf di masjid. Biasanya pada bulan Ramadan, masyarakat sering mengunjungi tempat ini untuk bersuci di kolam.

“Kolam di sini, kolam tertua di Banten. Kolam tujuannya untuk bersuci untuk mengambil air wudhu,” kata Romli.

Tempat mandi tokoh pejabat

Dikatakan Masjid Kasunyatan kerap kali didatangi pengunjung yang ingin mandi di lokasi tersebut. Pengunjung dari berbagai daerah di Pulau Jawa, bahkan artis, Wali Kota hingga menteri pernah datang dan mandi disitu.

Bukan tanpa alasan, air kulah di lokasi itu dipercaya membawa keberuntungan baik mempercepat jodoh, mempercepat rizki dan keinginan-keinginan sesuai hajat orang yang datang ke air kulah masjid Kesunyatan.

Nur Falah, seorang pengurus masjid Kasunyatan menjelaskan bahwa kolam yang memiliki ukuran kurang lebih 6x6 meter dengan mempunyai empat sudut pintu ini dipercaya orang membawa keberuntungan atau mengabulkan hajat.

Beberapa Fakta Mengagumkan dari Eksistensi Masjid di Indonesia

“Dulunya itu kan kulah tempat wudhu, para wali Allah saat hendak solat, jadi karomahnya begitu besar,” katanya yang dimuat SuaraBanten.

Dia menceritakan bahwa air pekulahan ini sempat dijadikan pemandian oleh para tokoh, para politikus, bahkan sampai ke kalangan artis. Beberapa dari mereka mencari berkah terutama untuk masuk dalam dunia politik.

Tidak sembarangan

Air kulah Masjid Kasunyatan sudah terkenal ke berbagai daerah di seluruh Indonesia, seperti Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan daerah-daerah lainnya. Hal itu dibuktikan dengan datangnya orang-orang dari luar daerah itu.

“Banyak dari mana-mana datang ke sini hanya untuk mandi aja, kemarin juga ada yang dari Kalimantan,” sebutnya.

Pesona Masjid Indonesia dan Kuwait yang Punya Arsitektur Tidak Biasa

Tetapi dijelaskan oleh Nurul tidak sembarang orang bisa mandi air kulah Masjid Kasunyatan. Orang yang datang dan ingin nyemplung harus ada yang membawa atau yang membimbing untuk datang ke kolam.

Sementara itu, empat pintu atau gerbang untuk memasuki kolam memiliki arti pada setiap gerbangnya yakni sebagai sumber keilmuan, usaha, pengobatan/kesehatan dan yang terakhir yakni pangat atau jabatan.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini