Bahasa Indonesia Akan Diajarkan di Universitas Harvard Mulai Tahun Ini

Bahasa Indonesia Akan Diajarkan di Universitas Harvard Mulai Tahun Ini
info gambar utama

Perguruan tinggi terkemuka, Universitas Harvard di Amerika Serikat akan menawarkan mata kuliah kursus Bahasa Indonesia. Selain Bahasa Indonesia, Harvard juga akan mengadakan kursus Tagalog dan Thailand.

Mengutip artikel kampus The Harvard Crimson, kursus baru ini dibuat untuk mengembangkan studi Asia Tenggara di Harvard. Direktur Eksekutif untuk Harvard Asia Center, Elizabeth K. Lio berharap program ini dapat memberikan dampak besar terhadap perkembangan kampus.

“Misi jangka panjang tersebut untuk membangun studi Asia Tenggara di Harvard, serta keterlibatan universitas dengan wilayah tersebut,” kata Elizabeth.

Dalam laporannya, Departemen Studi Asia kampus tersebut akan merekrut tiga pembimbing untuk mengajar Bahasa Indonesia, Tagalog, dan Thailand. Rencananya kursus tiga bahasa itu akan dimulai pada tahun ajaran 2023 sampai 2024.

Sementara itu, Direktur Pusat Asia sekaligus Profesor untuk studi Bahasa dan Peradaban Asia Timur, James Robson menjelaskan bahwa program baru itu merupakan upaya kampus dalam menciptakan kesadaran baru yang lebih luas tentang Asia Tenggara. Pihaknya juga berharap bisa menunjukkan tingginya minat bahasa di Asia Tenggara.

Bahasa Indonesia Kian Diminati, Kelas BIPA KBRI Lima Didominasi Warga Negara Peru

Universitas lain

Universitas Harvard bukan satu-satunya perguruan tinggi di Amerika serikat yang mengajarkan Bahasa Indonesia. Bersumber dari sampaijauh.com, ternyata ada universitas lain di Negeri Paman Sam ini yang lebih dulu mengadakan kelas Bahasa Indonesia.

Universitas Washington di Seattle diketahui menawarkan kelas Bahasa Indonesia di bawah Department of Asian Language and Literature untuk program sarjana dan magister. Tidak hanya mempelajari struktur Bahasa Indonesia, departemen ini juga mengajarkan kebudayaan, musik, hingga kondisi terkini di Indonesia.

Mahasiswa yang masuk di jurusan Bahasa Indonesia Universitas Washington juga diajarkan karya-karya sastra dari sastrawan Indonesia, seperti Pramoedya Ananta Toer hingga Chairil Anwar.

Perguruan tinggi AS yang mengadakan kelas Bahasa Indonesia berikutnya adalah Universitas Yale yang terletak di New Haven. Kelas Bahasa Indonesia di kampus ternama AS ini sudah ada sejak 1940-an. Bahkan, untuk pengajar mereka mendatangkan langsung dosen dari Indonesia.

Bahasa Indonesia yang Tidak Asing di Negara Asing

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini