7 Tips Investasi Bagi Pemula Dengan Mudah

7 Tips Investasi Bagi Pemula Dengan Mudah
info gambar utama

Investasi menjadi salah satu hal yang digemari di era sekarang. Ditambah, investasi merupakan salah satu cara individu untuk mencapai financial freedom. Investasi menjadi sebuah aktivitas yang tepat untuk membantu mencapai tujuan keuangan, seperti membeli rumah, membeli kendaraan, biaya pendidikan, biaya pernikahan, dan lain sebagainya. Namun, Kawan GNFI harus mengetahui bahwa investasi memerlukan tips agar mendapat keuntungan. Khususnya, tips investasi bagi pemula yang masih bingung dalam memulai investasi.

Investasi bagi pemula
info gambar

1. Pelajari konsep dasar investasi

Tentu, sebelum memulai investasi, Kawan GNFI harus bisa memahami konsep dasar tentang investasi. Kawan bisa mempelajari jenis-jenis, risiko, dan cara mengelola portofolio investasi. Dengan memahami konsep dasar investasi, Kawan GNFI dapat menemukan istilah-istilah teknis yang belum diketahui sebelumnya sehingga menghindari kebingungan ketika berinvestasi.

Kawan GNFI bisa memulai dengan mengenal lebih dalam tentang pengertian saham agar dapat menentukan cara main saham yang lebih baik. Dilansir melalui idx.co.id, saham adalah salah satu instrumen investasi yang berbentuk penyertaan modal individu atau kelompok kepada perusahaan atau perseroan terbatas. Dengan begitu, Kawan GNFI bisa lebih paham tentang investasi.

2. Tentukan tujuan investasi

Sebelum memulai investasi, Kawan GNFI wajib untuk menentukan tujuan investasi. Hal ini sebagai landasan untuk membangun investasi sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan. Ditambah, setiap orang memiliki tujuan yang berbeda dalam berinvestasi, misalnya untuk mempersiapkan masa depan atau mencapai tujuan keuangan tertentu. Dengan menentukan tujuan investasi, Kawan GNFI dapat lebih fokus dan mudah dalam mengambil keputusan investasi.

3. Mulailah dengan investasi kecil

Untuk berinvestasi, Kawan GNFi jangan langsung memasukkan semua uang ke dalam investasi. Hal ini dikarenakan jika Kawan GNFI belum paham tentang dasar investasi dan risiko yang ada, dapat menyebabkan kerugian yang cukup besar sesuai total uang yang diinvestasikan. Oleh karena itu, mulailah dengan investasi dengan uang pasif (uang yang ditargetkan untuk tabungan). Hal itu demi mencegah risiko cutloss yang berlebih. Selain itu, investasi dengan dana yang lebih kecil dapat membantu Kawan GNFI belajar mengenai pasar dan mencari tahu jenis investasi yang cocok.

4. Hindari berhutang

Dalam melakukan investasi, Kawan GNFI jangan sampai berutang. Hal ini akan berdampak terhadap keuangan Kawan GNFI kedepannya. Ditambah, instrumen investasi merupakan suatu hal yang belum pasti sehingga bisa untung dan rugi. Jika Kawan berutang, maka tujuan dalam berinvestasi tidak akan terlaksana dengan baik. Oleh karena itu, Kawan GNFI hindari utang dalam melakukan investasi sehingga risiko yang terjadi kedepannya tidak begitu mengganggu keuangan Kawan.

5. Beli produk investasi ketika nilainya sedang turun

Sebagai pemula, Kawan GNFI sebaiknya memulai investasi dengan membeli produk investasi ketika nilainya sedang turun. Hal ini menjadi salah satu cara agar keuangan Kawan tetap stabil meskipun sedang bermain investasi sebagai pemula. Dengan modal yang kecil, Kawan GNFI bisa belajar untuk lebih memahami investasi dengan tenang karena modal yang relatif rendah.

6. Menyesuaikan investasi dengan profil risiko yang ada

Kawan GNFI untuk berinvestasi harus mengetahui jangka waktu investasi dengan profil risikonya. Misalnya, Kawan GNFI memulai investasi di reksadana yang memiliki risiko lebih rendah. Profil risiko bagi seorang investor sangatlah penting. Hal ini dikarenakan sebagai alat untuk mengetahui risiko kedepannya sesuai dengan investasi yang dipilih.

7. Tetap konsisten dalam berinvestasi

Sebagai pemula, Kawan GNFI harus disiplin dan konsisten dalam berinvestasi. Investasi membutuhkan kesabaran dan konsistensi. Jangan terburu-buru untuk menjual investasi hanya karena mengalami penurunan sementara. Sebaliknya, tetap konsisten dan berpegang pada strategi investasi jangka panjang. Kawan GNFI harus tetap konsisten dengan tujuan investasi yang telah ditentukan sebelumnya.

Itulah 7 tips investasi bagi pemula dengan mudah. Semoga, Kawan GNFI bisa memulai investasi dengan baik dan bijak.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini