Voting Logo IKN Nusantara Dibuka untuk Umum, Berhadiah Motor Listrik!

Voting Logo IKN Nusantara Dibuka untuk Umum, Berhadiah Motor Listrik!
info gambar utama

Pemerintah mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemilihan logo Ibu Kota baru, IKN Nusantara pada acara Kick Off Voting Logo IKN di Jakarta, Selasa (4/4/2023). Masyarakat bisa memilih di antara lima finalis logo IKN.

Voting logo IKN sengaja dibuka untuk publik, agar rakyat Indonesia dapat terlibat langsung dalam proses pemindahan IKN dari Jakarta ke Nusantara di Kalimantan Timur.

“Ibu Kota Nusantara adalah milik dan kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia dan dibangun untuk kemajuan bangsa Indonesia. Oleh karenanya, saya mengajak seluruh anggota masyarakat Indonesia untuk terlibat berkontribusi kepada Ibu Kota negara baru ini dengan cara memilih logo yang paling sesuai untuk Ibu Kota Nusantara,” kata Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dilansir dari Kompas.com.

Sebelumnya, Otorita IKN bersama dengan Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) dan PT Bank Negara Indonesia (BNI) telah menggelar sayembara pembuatan desain logo baru IKN. Dari 500 desainer, ADGI memilih 10 desainer yang menjadi finalis dan berhak membuat desain logo baru IKN.

Para finalis ini adalah yang berhasil lolos kurasi portofolio dengan kriteria wajib, antara lain berprofesi sebagai desainer grafis profesional minimal 10 tahun dan berpengalaman dalam mengerjakan proyek identitas visual.

Banjir Minat Investasi, Kini Giliran Amerika yang Akan Kunjungi IKN

Cara ikut voting

Sebanyak 10 karya logo finalis kemudian diajukan oleh Otorita IKN kepada Presiden Joko Widodo untuk dipilih 5 logo yang akan dilakukan voting terbuka. Logo dengan suara terbanyak, akan ditetapkan sebagai logo resmi Ibu Kota Nusantara.

Masyarakat dapat memilih logo tersebut melalui tautan www.ikn.go.id/pilihlogonusantara, mulai 4 April hingga 20 Mei 2023. Selanjutnya, pada akhir Mei 2023 di IKN, Presiden akan mengumumkan langsung logo itu.

Bagi 10 pemilih dari masyarakat yang beruntung, akan berkesempatan mendapat hadiah berupa motor listrik yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo. Sementara itu, desainer yang karya logonya terpilih dengan suara terbanyak dan ditetapkan sebagai logo resmi Ibu Kota Nusantara akan mendapatkan hadiah sebesar Rp185 juta.

Pemerintah Mulai Susun RUU Jakarta Jelang Pemindahan Ibu Kota ke IKN

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini