Banjir Minat Investasi, Kini Giliran Amerika yang Akan Kunjungi IKN

Banjir Minat Investasi, Kini Giliran Amerika yang Akan Kunjungi IKN
info gambar utama

Sejumlah negara telah memberikan komitmen dan minat untuk melakukan kerja sama dalam pembangunan IKN. Kali ini, giliran perwakilan Amerika Serikat yang dikabarkan segera mengunjungi proyek pembangunan Ibu Kota baru dalam waktu dekat.

Agenda ini dilakukannya menyusul delegasi Jepang dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol yang menyatakan minat untuk ikut membangun IKN beberapa waktu lalu.

“Dua pekan lalu Korea dan Jepang datang, kira-kira beberapa minggu lagi dari Amerika juga akan datang. Jadi kalau kita lihat itu minat para investor besar,” ungkap Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono, dilansir dari Bisnis.com, pada Senin (3/4/2023).

Akan tetapi, pihaknya masih belum mengetahui secara pasti kapan pertemuan dengan perwakilan AS itu akan direalisasikan.

Butuh Banyak Investor, Pemerintah Bakal Bangun Bandara VIP di IKN

Banjir investasi

Seperti diketahui, IKN saat ini telah menerima 167 surat minat atau letter of interest (Lol) dari 16 negara untuk investasi di IKN. Sebanyak 50 persen minat tersebut berasal dari dalam negeri atau domestik, sementara 50 persen lainnya dari investor asing.

Sebelumnya, Wakil Kepala OIKN Dhony Rahajo bersama dengan Wakil Ketua DPR RI juga telah melakukan market sounding di Jepang pada akhir Februari lalu. Tak butuh waktu lama, lebih dari 50 investor datang mengunjungi IKN setelahnya.

Rombongan investor yang dibawa oleh delegasi Jepang ini dibuat takjub saat melihat kondisi di lapangan dan sangat berminat untuk melakukan investasi menurut Kepala OIKN Bambang. Namun, belum dapat dipastikan berapa banyak yang akan memberikan komitmen investasi karena mereka masih perlu mempelajari berbagai situasi.

Bersumber dari voi.id, Badan Kerja sama Internasional Jepang atau Japan International Cooperation Agency (JICA) yang menjalin hubungan baik dengan Indonesia juga bergabung di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk membangun Smart Forest City di IKN.

Lebih lanjut, pemerintah disebutkan akan kembali mengadakan market sounding IKN di dalam negeri dengan menyasar Bandung, Medan, Surabaya, Makassar, dan Balikpapan. Sementara di luar negeri, market sounding akan dilaksanakan di Singapura pada Juni 2023 mendatang.

Pemerintah Mulai Susun RUU Jakarta Jelang Pemindahan Ibu Kota ke IKN

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini