Menuju Hannover Messe 2023, Indonesia Membawa Misi untuk Kemajuan Dunia Industri

Menuju Hannover Messe 2023, Indonesia Membawa Misi untuk Kemajuan Dunia Industri
info gambar utama

Hannover Messe kembali lagi. Pada tahun 2023 ini, acara tersebut dijadwalkan berlangsung pada 17 hingga 21 April mendatang.

Seperti sebelumnya, Indonesia ikut serta dalam Hannover Messe. Dalam pameran itu, Indonesia akan memperkenalkan berbagai produk dan inovasinya dalam bidang industri kepada dunia.

Ada pula 4 target yang diincar Indonesia dari Hannover Messe. Apa saja?

Penerimaan Negara Sektor Hulu Migas Tembus Rp270 triliun

Misi Indonesia di Hannover Messe

Hannover Messe merupakan pameran perdagangan berkelas dunia yang diselenggarakan secara rutin di Hannover, Jerman. Bukan sembarangan, pameran perdagangan ini adalah salah satu yang terbesar dan paling prestisius di dunia.

Sebagai partisipan, Indonesia akan punya paviliun di Hannover Messe Fairground yang berisikan 157 co-exhibitor dari kalangan pelaku usaha industri, mulai dari startup, asosiasi, kawasan industri, kawasan ekonomi khusus, dan lembaga pendidikan. Di sana juga akan dikenalkan konsep pengembangan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang mengusung ide kota hijau.

Oleh karena itu, mengikuti Hannover Messe berarti Indonesia berkesempatan untuk mendapatkan peluang bagus untuk membangun national branding serta memamerkan perkembangan industri nasional yang berteknologi mutakhir.

“Hannover Messe merupakan tempat yang tepat untuk mempromosikan penguasaan teknologi industri yang ada di Indonesia." ujar Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kementerian Perindustrian, Eko S.A. Cahyanto seperti dilansir laman resmi Kemenperin.

"Ajang ini juga menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk menjadi supply chain dunia dan bagian dari top 10 ekonomi dunia pada tahun 2030,” lanjutnya.

Soak teknologi, Indonesia juga punya misi besar, yakni tampil sebagai produsen. Indonesia tidak ingin hanya menjadi konsumen, namun juga mampu berinovasi.

“Hannover Messe merupakan sarana untuk berkolaborasi antara investor luar dengan anak-anak muda Indonesia yang sudah menghasilkan teknologi. Kami mendesain agar Indonesia tidak hanya menjadi konsumen, tapi juga produsen teknologi,” kata Ketua Bidang Promosi dan Diseminasi pada Kepanitiaan Nasional Indonesia Partner Country Hannover Messe 2023, Usman Kansong.

Dengan berbagai peluang yang ada, Indonesia pun punya 4 target untuk dicapai di Hannover Messe tahun ini.

Pertama, Indonesia ingin mengenalkan visinya dalam peta jalan Making Indonesia 4.0. Kedua, mempromosikan kerja sama di bidang industri. Ketiga, mempromosikan investasi dan ekspor. Kemudian yang keempat, meningkatkan hubungan kerjasama bilateral dengan Jerman dan menjadi bagian dari jaringan supply chain global.

Kinerja APBN Februari 2023 Terjaga dengan Baik, Surplus Rp131 Triliun



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini