Ada Momen Bersejarah Indonesia yang Tertunda di Kejuaraan Motocross Dunia

Ada Momen Bersejarah Indonesia yang Tertunda di Kejuaraan Motocross Dunia
info gambar utama

Meski sempat tertunda, Indonesia tinggal selangkah lagi untuk mencatatkan momen bersejarah di Kejuaraan Motocross Dunia.

Momen bersejarah yang dimaksud adalah berpartisipasinya pebalap Indonesia secara reguler di Kejaraan Dunia Motocross yang bertajuk FIM Motocross World Championship alias MXGP.

Pebalap Indonesia yang berkesempatan beraksi di MXGP adalah Delvintor Alfarizi. Sayang, ia mengalami kecelakaan sebelum balapan sehingga harus rela batal berlaga. Padahal, Delvinto bersiap beraksi di kelas MX2.

Ya, Delvintor sejatinya akan menorehkan momen bersejarah sebagai pebalap reguler MXGP pertama asal Indonesia. Awalnya, ia diproyeksikan untuk tampil pada putaran ke-10 MX2 musim 2023 di Frauenfeld, Swiss.

Balapan yang seharusnya diikuti Delvintor digelar pada Senin (10/4/2023). Apesnya, pebalap tim JM Racing Astra Honda itu terjatuh saat melakoni sesi latihan. Akibatnya, tulang fibulanya patah dan harus mendapat perawatan medis.

Dengan demikian, debut pebalap Indonesia di MXGP yang tinggal selangkah lagi pun harus tertunda. Dokter menyarankan Delvintor untuk beristirahat dulu selama tiga pekan sebelum kembali menggeber motor di lintasan.

"Tentu ini sangat tidak saya harapkan. Penantian saya untuk pertama kali ikut MXGP di luar Indonesia harus terhadang sesuatu yang tidak saya harapkan," ujar Delvintor seperti dilansir Liputan6.com.

"Sekarang fokus saya adalah bagaimana bisa segera pulih dan melanjutkan kembali rencana yang sudah disusun tahun ini," lanjutnya.

2 Pebalap Muda Indonesia Bakal Ngegas di Kejuaraan Dunia Motocross Junior 2023

Digelar di Indonesia

Balapan di Swiss adalah putaran kesepuluh dari 19 putaran MXGP musim ini. Dengan demikian, masih ada kesempatan bagi Delvintor untuk nanti menorehkan debutnya.

Perlu diketahui juga, akan ada seri MXGP yang digelar di Indonesia, tepatnya di Sumatera Barat. Balapan akan digelar di Nusa Tenggara Barat atau NTB.

Ada dua lokasi balapan yang sudah disiapkan, yakni Sirkuit Samota dan Kota Mataram. MXGP 2023 seri Samota direncanakan digar 22-26 Juni, sedangkan balapan di Kota Mataram pada tanggal 29-30 Juni dan finalnya pada 2 Juli 2023.

MXGP sendiri merupakan kejuaraan motocross paling bergengsi dunia. Ada dua kelas yang dilombakan, yakni MXGP and MX2.

MXGP merupakan kejuaraan motocross paling bergengsi dunia. Ada dua kelas yang dilombakan, dan bisa diikuti para kontestan, yakni MXGP and MX2.
Aturan dalam balapannya juga jelas berbeda dengan balapan lain. Balapan larinya selama 30 menit yang ditambah dua putaran.

Jokowi Mendapatkan Titel Sebagai ‘Bapak Olahraga Indonesia’





Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini