Selain Muhammadiyah, Prancis dan Negara Arab-Afrika Juga Rayakan Idulfitri Hari Ini

Selain Muhammadiyah, Prancis dan Negara Arab-Afrika Juga Rayakan Idulfitri Hari Ini
info gambar utama

Sebagian umat Islam di Indonesia yang mengikuti keputusan Muhammadiyah, tengah merayakan Hari Raya Idulfitri 1444 H pada hari ini, Jumat (21/4/2023). Lantunan takbiran mulai bergemuruh di berbagai daerah sejak malam Kamis, sebagai tanda hari kemenangan telah tiba.

Selain sebagian daerah di Indonesia, Prancis rupanya turut menyambut Idulfitri pada hari ini. Dikutip dari France24.com, Komisi Agama Masjid Agung Paris dan Dewan Prancis untuk Ibadah Muslim (CFCM) telah mengumumkan bahwa puasa berakhir pada hari Kamis. Itu artinya, ketika matahari terbenam, di negara itu telah masuk 1 Syawal.

"Setelah berkonsultasi dengan perhitungan ilmiah, data astronomi, dan pengamatan bulan, tanggal Idulfitri telah ditetapkan di Prancis pada Jumat, 21 April", tulis Pengurus Masjid Agung Paris dalam siaran pers, Kamis (20/4/2023).

Serba-Serbi Idulfitri 1444 H: Menag Imbau Pemda Izinkan Salat Ied di Lapangan

Tak hanya Prancis, sejumlah negara Arab dan Afrika juga merayakan Idulfitri 1444 H pada hari ini. Pengadilan Kerajaan di Riyadh, Arab Saudi mengatakan bahwa Mahkamah Agung memutuskan Idulfitri jatuh pada hari Jumat.

Disusul pengumuman yang sama dari pihak berwenang di Mesir, Uni Emirat Arab, Qatar, Kuwait, Libya, Yordania, Wilayah Palestina, Suriah, Sudan, dan Tunisia. Lalu, muslim Sunni dan Syiah di Lebanon juga berlebaran pada hari Jumat.

Sementara itu, beberapa negara Arab-Afrika lainnya justru menetapkan Idulfitri tahun ini pada Sabtu, 22 April 2033. Kesultanan Oman dan otoritas agama dari negara dengan mayoritas Syiah mengatakan bahwa hari Jumat adalah akhir Ramadan. Maka dari itu, hari Sabtu adalah hari pertama Idulfitri.

Kemudian, Kantor Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei dan otoritas tertinggi Syiah di Irak, Sayyid Ali al-Sistani, juga menyatakan bahwa akibat kurangnya penampakan bulan sabit pada Jumat malam, maka Sabtu akan menjadi Hari Raya Idulfitri di Iran.

Topeng Labu, Tradisi Hiburan Idulfitri yang Masih Lestari di Muaro Jambi

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini