Produk UMKM Bersaing di Pameran Makanan dan Minuman Internasional Singapura

Produk UMKM Bersaing di Pameran Makanan dan Minuman Internasional Singapura
info gambar utama

Atase Perdagangan Indonesia di Singapura bekerja sama dengan KBRI dan BI untuk mempromosikan produk makanan dan minuman Indonesia melalui pameran FHA Food & Beverage 2023.

FHA Food & Beverage tahun ini digelar di Hall 6 Singapore Expo pada 25–28 April 2023. Pameran ini merupakan salah satu pameran produk makanan dan minuman berskala internasional terbesar di Asia.

Bersumber dari liputan6.com, Indonesia Pavilion dalam kesempatan tersebut menghadirkan 14 UMKM eksportir produk makanan dan minuman. Meski berskala UMKM, mereka menjamin kualitas dan standar internasional sehingga siap bersaing di pasar global.

Adapun produk yang ditawarkan di Indonesia Pavilion, antara lain camilan ringan artisan berbahan baku tempe dan singkong, hingga produk jamu ready to drink. Keikutsertaan pelaku UMKM dalam Pameran FHA Food & Beverage 2023 sekaligus memberikan akses ke pasar global.

Terlebih lagi, dengan produk yang dipasarkan ini, pelaku UMKM Indonesia sudah layak naik kelas dan bersaing di pasar internasional.

Padukan Wisata Hingga UMKM, Borobudur Marathon 2023 Bukan Sekadar Lomba Lari

Tulang punggung industri

Duta Besar RI untuk Singapura Suryo Pratomo berpesan agar Indonesia dapat memanfaatkan momentum pulihnya ekonomi dan tingkat permintaan di kawasan regional semaksimal mungkin.

Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekspor, khususnya pada produk makanan dan minuman yang merupakan salah satu tulang punggung industri Indonesia.

Seperti diketahui, ekspor produk makanan dan minuman Indonesia tahun 2022 mengalami peningkatan cukup tinggi, yakni 17,6 persen atau tembus 44 miliar dolar AS.

Dalam kesempatan yang sama, atase perdagangan Indonesia di Singapura Billy Anugerah menjelaskan, industri makanan dan minuman Indonesia berhasil tumbuh 4,93 persen. Bahkan menjadi konributor terbesar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) industri pengolahan nonmigas sebesar 38,35 persen.

Menurutnya, produk makanan dan minumam memang berperan sentral dalam menyokong ekspor nasional. Oleh karena itu, pihaknya berharap agar masyarakat, terutama Warga Negara Indonesia (WNI) untuk turut berpartisipasi dengan mengunjungi Indonesia Pavilion dalam pameran FHA Food & Beverage 2023 di Singapura.

Ribuan Kerajinan UMKM Mejeng di INACRAFT 2023, Ada yang Dibeli Pejabat Dubes Rusia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini