Melihat Capaian Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 pada Kuartal Pertama

Melihat Capaian Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 pada Kuartal Pertama
info gambar utama

Indonesia memastikan akan mengawal capaian-capaian tiga pilar utama dalam Keketuaannya di ASEAN 2023. Lalu, sejauh mana capaian ini setelah kuartal pertama 2023?

Mengutip laman resmi Kementerian Luar Negeri, Indonesia telah menyiapkan visi besar ASEAN 2045 serta proses pembahasan rancangan Deklarasi Pemimpin ASEAN untuk penguatan kapasitas dan efektivitas institusional ASEAN pada pilar pertama, ASEAN Matters.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah berharap hasilnya dapat diadopsi saat KTT ke-42 ASEAN yang akan berlangsung di Labuan Bajo, pada 9–11 Mei mendatang.

Terkait pilar pertama ini juga, Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi menekankan sejumlah isu yang harus terus didorong dalam pembahasan. Mulai dari isu perdagangan orang hingga keanggotaan baru Timor Leste.

Kemudian pada pilar kedua, Epicentrum of Growth, telah dibahas pula sejumlah prioritas, salah satunya terkait pembangunan ekosistem kendaraan listrik. Komitmen penggunaan mata uang negara ASEAN dalam transaksi perdagangan dan pembayaran di kawasan juga telah disepakati.

Sementara pada pilar ketiga, yakni implementasi ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP), Menteri Luar Negeri pun menekankan penguatan kerja sama konkret AOIP. Untuk itu, Indonesia akan menyelenggarakan flagship event ASEAN-Indo-Pacific Forum.

Simak Rangkaian Kegiatan dan Isu Penting dalam KTT ASEAN Ke-42 di Labuan Bajo, Yuk!

Melengkapi ketiga pilar

Sejumlah pertemuan penting juga telah digelar dalam empat bulan terakhir guna melengkapi ketiga pilar Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023.

Adapun pertemuan tersebut dimulai dari ASEAN Foreign Ministers' Retreat di Jakarta yang digelar pada 1–4 Februari 2023. Kemudian, ASEAN Tourism Ministers’ Meeting di Yogyakarta pada 2–5 Februari 2023.

Sampai yang terbaru, yakni ASEAN Youth Dialoge on Development for Sustainable Development Goals pada 11–13 April juga menjadi ajang tukar pikiran dan perumusan rekomendasi terkait pembangunan digital di Asia Tenggara.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh sekitar 60 pemuda yang mewakili ASEAN serta Timor Leste. Hasil diskusi anak muda ini selanjutnya akan disampaikan kepada para Pemimpin ASEAN dalam KTT ke-42 di Labuan Bajo.

Seperti diketahui, tema Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023 adalah ASEAN Matters, Epicentrum of Growth. Melalui Keketuaannya, Indonesia bertekad mengarahkan kerja sama ASEAN tahun 2023 untuk melanjutkan dan memperkuat relevansi ASEAN.

Utamanya dalam merespon tantangan kawasan dan global serta memperkuat posisi ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kawasan untuk kemakmuran rakyat ASEAN.

Adanya KTT ASEAN Dapat Membuat Pariwisata ASEAN Dapat Saling Terhubung

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini