Simak Rangkaian Kegiatan dan Isu Penting dalam KTT ASEAN Ke-42 di Labuan Bajo, Yuk!

Simak Rangkaian Kegiatan dan Isu Penting dalam KTT ASEAN Ke-42 di Labuan Bajo, Yuk!
info gambar utama

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN akan segera berlangsung. Sesuai rencana, rangkaian kegiatan KTT ke-42 ASEAN akan digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, pada 10-11 Mei 2023.

Pertemuan tersebut akan dihadiri Kepala Negara/kepala Pemerintahan negara-negara ASEAN. Tak terkecuali juga Timor Leste yang baru bergabung sebagai negara anggota ke-11 dengan status observer sesuai hasil KTT ke-40 dan ke-41 di Kamboja.

Seperti diketahui, KTT ke-42 ASEAN merupakan yang pertama dari dua KTT ASEAN di bawah Keketuaan Indonesia tahun 2023. Adapun fokus bahasan para Pemimpin ASEAN kali ini adalah isu-isu internal ASEAN serta isu-isu penting di kawasan dan di luar kawasan.

Sementara itu, KTT ke-43 rencananya akan diselenggarakan September mendatang di Jakarta, dengan dihadiri oleh para Pemimpin Negara Mitra ASEAN. Untuk KTT kedua ini fokus membahas perkembangan dan penguatan kerja sama ASEAN dengan mitra eksternal.

Labuan Bajo Bergembira, Pesta Rakyat Bakal Meriahkan KTT ASEAN Selama Sepekan

Rangkaian pertemuan

Mengutip laman resmi Kementerian Luar Negeri RI, akan ada delapan pertemuan dalam dua hari penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN. Presiden Joko Widodo diketahui akan bertindak sebagai pemimpin pada tujuh pertemuan.

Ketujuh pertemuan tersebut, antara lain pertemuan dengan wakil ASEANInter-Parliamentary Assembly (AIPA), ASEAN Youth, ASEAN Business Advisoryy Council (ABAC), dan High-Level Task force on ASEAN Community Post-2025 Vision (HLTF-ACV).

Ada pula pertemuan pada Sesi Pleno, Sesi Retreat KTT, dan KTT ke-15 Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT).

Sementara satu pertemuan lainnya, yakni KTT ke-15 Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) secara rotasi akan dipimpin oleh Perdana Menteri Malaysia.

Membahas isu penting

Beberapa isu yang akan dibahas dalam KTT ke-42 ASEAN di antaranya adalah penguatan institusi ASEAN, penyusunan Visi ASEAN Pasca 2025, perkembangan di Myanmar, pemulihan ekonomi pasca pandemi, penguatan arsitektur kesehatan di kawasan, serta isu penting lainnya di kawasan dan luar kawasan.

KTT ini diharapkan dapat menghasilkan sejumlah dokumen, seperti Statemet Pemimpin ASEAN mengenai penguatan institusi ASEAN, Visi ASEAN pasca-2025, penanganan kejahatan perdagangan orang (TPPO), perlindungan pekerja migran dan keluarganya di masa krisis, kesehatan, ekosistem kendaraan listrik, serta pengembangan jejaring desa ASEAN.

Selain agenda formal, para pemimpin ASEAN juga akan memenuhi undangan Presiden RI pada Sunset Viewing dan Welcoming Dinner pada 10 Mei 2023.

Selain itu, side event berupa Festival Rakyat oleh Kementerian BUMN dan kemenparekraf juga akan berlangsung pada 9–13 Mei 2023 yang menampilkan produk UMKM lokal hingga pertunjukan budaya.

Infrastruktur Penunjang KTT ASEAN di Labuan Bajo Selesai Awal Mei 2023

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini