Menuju SEA Games 2023, Atlet Indonesia Jalankan Misi Spesial dari Jokowi

Menuju SEA Games 2023, Atlet Indonesia Jalankan Misi Spesial dari Jokowi
info gambar utama

Atlet Indonesia kini menuju SEA Games 2023. Di ajang tersebut, mereka menjalankan misi spesial dari Presiden Joko Widodo.

SEA Games 2023 bakal diselenggarakan di Kamboja bulan ini, tepatnya pada 5 hingga 17 Mei 2023.

Sebelum berangkat ke Kamboja, para atlet Indonesia berkesempatan hadir dalam acara pelepasan yang digelar di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (2/5). Dalam acara tersebut, hadir pula Presiden Joko Widodo.

Jokowi memberi arahan kepada para atlet Indonesia. Dalam arahannya, disampaikan pula target yang diberikan kepada para atlet, apakah itu?

Ternyata, target tersebut berisi permintaan raihan medali. Jokowi meminta agar Indonesia mampu membawa pulang setidaknya 69 medali emas. Plus, Indonesia diminta berada di posisi tiga besar klasemen medali.

“Saya hanya pesan di SEA Games Vietnam kita memperoleh saat itu medali 69 emas, dan peringkat kita di peringkat ketiga,” ujar Jokowi seperti dilansir laman resmi Kemenpora.

“Nah sekarang mestinya lebih dari itu. Saya minta (medali) emasnya diatas 69, peringkatnya juga diatas tiga, pilihannya hanya ada dua, peringkat satu atau dua,” lanjutnya.

SEA Games 2023 akan mempertandingkan 36 cabang olahraga. Namun, Indonesia hanya ikut serta dan berkesempatan merebut medali emas dari 31 cabang olahraga. Ada 599 atlet yang akan mewakili Indonesia di pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara itu. Jokowi pun yakin para atlet bisa memaksimalkan kesempatan itu untuk mempersembahkan medali emas bagi Indonesia.

“Ini bukan target yang gampang, bukan target yang mudah. Tapi saya melihat atlet yang hadir disini maupun yang berangkat tentunya telah memiliki bekal yang sudah cukup untuk bertanding di Kamboja,” pungkas Jokowi.

Untuk diketahui, SEA Games 2023 dijadwalkan dibuka pada tanggal 5 Mei oleh Perdana Menteri Kamboja Hun Sen. Namun, saat ini beberapa cabor sudah mulai menggelar pertandingan, seperti sepak bola, hoki, dan kriket.

Menuju Olimpiade 2024, Kenangan Tiga Srikandi Panahan Indonesia Diharapkan Terulang

Pencapaian di Vietnam

Target medali yang dipasang Jokowi ternyata sama seperti raihan Indonesia pada SEA Games edisi sebelumnya. Ya, saat tampil di SEA Games 2021, Indonesia memang meraih 69 medali emas.

Selain 69 medali emas, ada pula 91 perak dan 81 perunggu yang diraih Indonesia. Capaian itu membuat Indonesia berada di posisi ketiga klasemen raihan medali.

Sementara itu, tuan rumah Vietnam menjadi juara umum dengan raihan 205 medali emas, 125 perak, dan 116 perunggu. Thailand menenpati posisi kedua dengan raihan 92 emas, 103 perak, dan 136 perunggu.

Dengan demikian, para atlet didorong untuk bisa tampil lebih baik lagi dibandingkan di SEA Games 2021. Dengan tampil lebih baik, maka raihan medali pun akan lebih banyak.

Sport Tourism, Target Baru Pariwisata Indonesia



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini