Kala Mobil Jokowi Zig-zag dan Berguncang Demi Tinjau Jalan Rusak di Lampung

Kala Mobil Jokowi Zig-zag dan Berguncang Demi Tinjau Jalan Rusak di Lampung
info gambar utama

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akhirnya menyambangi Provinsi Lampung untuk memastikan fakta jalanan rusak di sana seperti yang viral di media sosial.

Dengan mobil sedan "Indonesia 1", Jokowi menelusuri langsung Jalan Terusan Ryacusu, Kota Baru, Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan.

Dalam video milik Fotografer Kepresidenan Agus Supratno, tampak mobil Jokowi melintasi jalan yang tidak hanya berlubang-lubang, tapi juga tidak diaspal dan tergenang air.

Mobil tersebut melaju cukup pelan dan terlihat seperti meliuk-liuk atau zig-zag untuk menghindari lubang sepanjang jalan. Beberapa kali mobil Jokowi berguncang akibat permukaan jalan yang tidak rata.

Video itu memperlihatkan kondisi jalan yang benar-benar rusak parah dan perlu diperbaiki secepatnya. Jalan itu juga berpotensi membahayakan pengendara karena banyaknya kubangan besar di kanan-kiri jalan.

Selama perjalanan menyusuri Jalan Terusan Ryacusu, Jokowi tampak membagikan cenderamata kepada warga setempat melalui jendela mobilnya.

Menengok Kain Kapal, Bentuk Keterikatan Masyarakat Lampung dengan Laut

PUPR akan ambil alih perbaiki jalan

Melihat kondisi jalan yang rusak parah di Lampung, Jokowi memahami pemerintah daerah punya keterbatasan anggaran untuk membangun jalan. Oleh sebab itu, dirinya memastikan bahwa jika pemerintah daerah tidak mampu membangun jalan, maka Kementerian PUPR akan mengambil alih tugas itu.

"Provinsi tidak memiliki kemampuan, kemudian kabupaten tidak memiliki kemampuan, ya, akan diambil alih oleh kementerian PUPR, utamanya yang jalannya rusak parah," kata Jokowi kala berkunjung ke Pasar Natar, Lampung Selatan, Jumat (5/5), dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Selain itu, Jokowi juga menyebut jalan rusak berdampak pada harga sembako di pasar. Menurutnya, infrastruktur jalan menjadi bagian penting dalam pembangunan daerah. Jika kondisinya tidak baik, maka akan berdampak pada distribusi logistik, termasuk bahan makanan.

"Biaya logistik itu sangat bergantung (pada) baik tidaknya infrastruktur yang kita miliki," tandas Jokowi.

Indonesia Punya Misi Ambisius: Aceh hingga Lampung Tersambung Jalan Tol

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini