Aneka Hidangan Laut Jadi Suguhan Utama Tamu KTT Ke-42 ASEAN

Aneka Hidangan Laut Jadi Suguhan Utama Tamu KTT Ke-42 ASEAN
info gambar utama

Aneka hidangan laut akan menjadi suguhan bagi para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023 yang segera dihelat pada 9–11 Mei mendatang di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), pengolahan hidangan laut ini akan dipercayakan kepada Chef Arnold Purnomo berserta timnya.

Alasan dipilihnya hidangan laut adalah karena mempresentasikan Labuan Bajo sebagai destinasi yang terkenal dengan keunikan sumber daya maritim seperti pantai dan pulau-pulau kecilnya.

Di luar hidangan, panitia nasional juga akan menggelar program khusus yang dinamakan SME’s Hub untuk menjajakan produk UMKM. Tersedia 50 stan pameran di berbagai titin kegiatan rangkaian KTT ke-42 ASEAN 2023.

Adapun rinciannya adalah sebanyak 10 stan menjajakan makanan, dan sisanya menawarkan aneka produk kerajinan tangan khas daerah.

Sejauh Mana Kesiapan Bandara dan Sarana Transportasi Pendukung KTT ASEAN?

Prioritaskan delegasi dan jurnalis asing

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) mengungkapkan persiapan penyelenggaraan KTT ASEAN sudah mencapai 90 persen. Sementara sisanya akan dirampungkan menjelang pelaksanaan, misalnya untuk menambah dekorasi.

Pemerintah pun sudah menyiapkan program tentatif sejak Jumat kemarin (5/5/2023), di mana para delegasi Community Permanent Representative ASEAN sudah mulai berdatangan. Kemudian sehari setelahnya, beberapa pertemuan juga sudah mulai digelar di kawasan Tana Mori.

Berbagai persiapan, mulai dari opening plenary hingga pertemuan level task force sudah dikerjakan oleh pihaknya. Meski begitu, salah satu tantangan kali ini adalah terbatasnya jumlah hotel bintang 4 dan 5 di Labuan Baju.

Maka dari itu, Presiden Joko Widodo menuturkan, perlu adanya strategi khusus agar bisa memberikan layanan terbaik bagi para tamu undangan, yakni delegasi dan jurnalis asing.

Dengan ini, pihaknya pun mengalihkan lokasi penginapan panitia dari semula di hotel berbintang ke “hotel terapung”, yakni di atas KM Sinabung milik PT Pelni (Persero). Kapal ini diketahui menyedikan fasilitas 500 kamar serta koneksi internet dan restoran.

Berdasarkan paparan data, jumlah delegasi yang bakal hadir dalam KTT ke-42 ASEAN 2023 sebanyak 821 orang dan 366 orang untuk perwakilan media. Pemerintah berjanji akan memberikan layanan terbaik dengan acara yang sukses serta akuntabilitas.

Menurutnya, KTT ASEAN kali ini harus menghasilkan sesuatu untuk Indonesia serta kesan untuk tamu undangan. Pihaknya berharap agar cuaca terus mendukung dan kerja sama tim panitia nasional yang semakin kompak.

Hadir Dalam KTT ASEAN, Indonesia Dukung Penuh Keanggotaan Timor Leste

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini