Rekomendasi Wisata Edukasi: Deretan Museum di Bandung yang Patut Dikunjungi (Bagian II)

Rekomendasi Wisata Edukasi: Deretan Museum di Bandung yang Patut Dikunjungi (Bagian II)
info gambar utama

Ada banyak pilihan tempat wisata di Bandung. Berkunjung ke museum di Bandung juga bisa jadi opsi saat Anda sedang di Kota Kembang.

Sebelumnya, GNFI telah membahas tentang sederet museum di Bandung yang bisa dikunjungi. Tak hanya itu, masih ada lagi museum-museum yang patut dikunjungi untuk mengisi waktu rehat dari padatnya aktivitas sehari-hari.

Ya, Bandung memang punya banyak pihan aktivitas dan tempat untuk dinikmati di sana. Jika Anda menginginkan wisata yang lebih edukatif untuk keluarga, maka Anda perlu menyimak sederet daftar museum di Bandung yang bisa dikunjungi. Bagian pertama artikel ini juga dapat dibaca di sini: Rekomendasi Wisata Edukasi: Deretan Museum di Bandung yang Patut Dikunjungi (Bagian I)

Menjelajahi Museum Terbuka Terbesar di Dunia: Sejarah & Hantu Tradisional di Ancient City

1. Museum Puspa IPTEK Sundial

Museum Puspa IPTEK Sundial adalah museum yang mengkhususkan diri di ranah ilmu pengetahuan dan teknologi. Lokasinya berada di Raya Padalarang No.427, Kertajaya, Padalarang, Bandung.

Museum ini punya koleksi berupa alat-alat peraga interaktif yang dapat digunakan untuk mempelajari sains dan teknologi secara sederhana dan menyenangkan.

Museum Puspa IPTEK Sundial juga punya keunikan, yakni jam matahari raksasa di sana. Sundial memang berarti jam matahari, dan jam matahari raksasa tersebut dicatat oleh Museum Rekor Indonesia sebagai yang terbesar.

2. Museum Pos Indonesia

Seperti diketahui, teknologi komunikasi dan informasi selalu berkembang dan pos adalah salah satu layanan yang mengandalkan teknologi tersebut. Di Museum Pos Indonesia, pengunjung dapat mempelajari bagaimana layanan itu mengalami perkembangan dari masa ke masa.

Museum Pos Indonesia terletak di Jalan Cilaki No. 73. Letaknya satu area dengan Kantor Pusat PT Pos Indonesia.

Jika Anda penasaran dengan bagaimana cara orang di masa lalu berkomunikasi dari jarak jauh, Museum Pos Indonesia layak dikunjungi. Berbagai koleksi seperti prangko, foto, peralatan pos dan lainnya akan menjawab rasa penasaran Anda.

3. Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Museum Mandala Wangsit Siliwangi adalah museum bertema militer. Koleksinya pun berupa senjata perlengkapan militer dari masa ke masa.

Menariknya, perlengkapan militer yang dipamerkan di Museum Mandala Wangsit Siliwangi tak hanya berasal dari era modern seperti yang dimiliki TNI. Ada pula benda-benda dari masa baheula berupa senjata tradisional mulai dari tombak, keris, dan kujang.

Buat Anda yang tertarik dengan dunia militer, museum ini sangat cocok untuk didatangi. Lokasinya berada di Jl. Lembong No.38, Braga.

4. Museum Biofarma

Setelah IPTEK, pos dan telekomunikasi, serta militer, ada pula museum bertema kesehatan di Bandung. Namanya Museum Biofarma yang terletak di di Jalan Pasteur Nomor 28, Sukajadi.

Museum ini dimiliki oleh PT. Bio Farma. Di sana, terdapat koleksi yang menyajikan informasi mengenai perkembangan penyakit, wabah, beserta penangkalnya seperti vaksin dari masa ke masa.

5 Tempat Wisata Hidden Gem di Yogyakarta yang Harus Dikunjungi, Belum Banyak yang Tahu!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini