5 Tempat Wisata Hidden Gem di Yogyakarta yang Harus Dikunjungi, Belum Banyak yang Tahu!

5 Tempat Wisata Hidden Gem di Yogyakarta yang Harus Dikunjungi, Belum Banyak yang Tahu!
info gambar utama

Berbicara soal wisata di Jogja pasti tidak akan ada habisnya, keindahan dan daya tariknya memang sudah tidak dapat diragukan lagi. Ada beraneka macam pilihan tempat wisata hidden gem menarik yang tentunya layak untuk dikunjungi, terutama buat kawan yang ingin liburan bersama keluarga atau teman. Jika kawan masih bingung mau kemana, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata hidden gems di Jogja yang sangat cocok untuk liburan bersama keluarga atau teman.

Tempat Wisata Hidden Gem di Jogja

1. Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng sampang
info gambar

Biasanya Gunungkidul terkenal karena sebagian wilayahnya terdapat banyak pantai yang indah. Namun, siapa sangka ternyata Gunungkidul Yogyakarta mempunyai wisata hidden gem yang berupa Air Terjun Luweng Sampang. Air terjun ini berlokasi di Desa Sampang, Gedang Sari, GunungKidul.

Air terjun yang memiliki ketinggian 5 meter ini siap menyambut pengunjung dengan pemandangan alam yang luar biasa. Tempat wisata ini juga dilengkapi degan relief batuan kapur di sisi kanan dan kiri air terjun tersebut, maka tak heran jika wisata Air Terjun ini juga biasa dijuluki Grand Canyon lantaran hal tersebut.

Menjelajahi Museum Terbuka Terbesar di Dunia: Sejarah & Hantu Tradisional di Ancient City

2. Tebing Breksi

Tebing Breksi|Foto:kompasiana.com
info gambar

Tebing Breksi ini berlokasi di wilayah Kabupaten Sleman tepatnya berada di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Lokasi Tebing Breksi ini sendiri juga berdekatan dengan lokasi wisata Candi Prambanan.

Untuk menuju ke wisata Tebing Breksi juga cukup mudah karena hanya berjarak 20 kilometer saja dari Kota Jogja yang dapat ditempuh kurang lebih 1 jam dengan kendaraan motor atau mobil. Sedangkan, untuk kawan yang ingin berwisata menikmati keindahan Tebing Breksi ini tidak perlu khawatir harga tiket yang mahal, karena harga tiket untuk masuk ke lokasi ini hanya Rp5.000 saja per orang. Untuk jam operasional Tebing Breksi ini setiap hari mulai dari pukul 06.00 - 21.00 WIB.

3. Pantai Kalong

Pantai Kalong|Foto:visitingjogja.jogjaprov.go.id
info gambar

Buat kawan yang ingin berwisata ke pantai di wilayah Jogja tanpa terganggu dengan banyaknya wisatawan, kawan bisa mengunjungi Pantai Kalong. Pantai ini masih sangat jarang dikunjungi oleh wisatawan. Panorama yang disajikan di pantai ini juga lumayan unik. Hal ini karena, di pantai ini, wisatawan tidak akan menemukan pasir putih seperti pada pantai yang lain.

Wisatawan justru akan menemukan tebing yang cukup tinggi yang berbatasan langsung dengan laut lepas. Untuk bisa menuju Pulau Kalong tersebut, sudah disediakan jembatan layang untuk menyebrangi pantai.

Bukan hanya itu saja, di destinasi wisata pantai yang satu ini, juga tersedia wahana kereta gantung. Namun, untuk menikmatinya kawan perlu membayar tiket sebesar Rp25.000. Wisata yang cukup memacu adrenaline ini berlokasi di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

4. Pantai Timang

Pantai Timang|Foto:tripadvisor.co.id
info gambar

Pantai Timang juga merupakan salah satu wisata hidden gem di Jogja. Pantai ini berlokasi di Jalan Pantai Selatan Jawa, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul. Salah satu wahana yang menjadi primadona dari wisata Pantai Timang ini adalah gondola. Gondola ini terbuat dari kayu akasia, katrol dan tali tambang yang sangat kuat.

5 Rekomendasi Lokasi Wisata yang Cocok untuk Pre-Wedding di Indonesia

Gondola tersebut hanya dapat diisi oleh satu orang saja untuk menyebrang ke Pulau Timang. Wisatawan akan merasakan sensasi adrenalin ketika menaiki gondola ini, hal ini disebabkan gondola ini akan mengajak wisatawan meluncur sepanjang sekitar 98 meter dengan ketinggian 9 hingga 11 meter dari atas permukaan laut.

5. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut|Foto:dinpar.kulonprogokab.go.id
info gambar

Wisata hidden gem di Jogja yang terakhir adalah Air Terjun Kedung Pedut. Destinasi wisata Air Terjun Kedung Pedut ini berlokasi di Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo. Air terjun ini juga masuk dalam area Desa Wisata Jatimulyo. Salah satu keunikan dari Air Terjun Kedung Pedut ini yaitu warna air jernih dan berubah warna menjadi berwarna hijau muda. Di sini, wisatawan juga akan disuguhi dengan aliran sungai dan beberapa spot foto yang dapat digunakan untuk berfoto. Selain itu, tersedia juga wahana tambahan lain, seperti flying fox.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

N
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini