5 Taman Kota di Jakarta untuk Refresh Pikiran di Akhir Pekan

5 Taman Kota di Jakarta untuk Refresh Pikiran di Akhir Pekan
info gambar utama

Sedang penat dan butuh refresh pikiran di akhir pekan? Berkunjung ke taman kota di Jakarta bisa jadi pilihan menarik.

Jakarta, sebagai ibu kota Indonesia yang sibuk dan padat, sering kali terkenal dengan kemacetan dan tingkat polusi udaranya. Namun, di tengah hiruk-pikuk perkotaan ini, terdapat oase hijau yang menawarkan kesegaran dan keindahan alam yang dikenal sebagai taman kota.

Taman kota di Jakarta memberikan warga dan pengunjung kesempatan untuk beristirahat, bersantai, dan menikmati suasana alam yang asri. Simak rekomendasinya berikut ini, yuk!

1. Taman Literasi Martha Christina Tiahahu

Ingin baca buku dengan suasana berbeda? Kawan harus mengunjungi Taman Literasi Martha Christina Tiahahu di Jakarta Selatan.

Taman ini diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pada 18 September 2022. Taman Literasi Martha Christina Tiahahu dilengkapi dengan beberapa fasilitas, termasuk perpustakaan, plaza kalebrasi, plaza bunga, dan paviliun literasi di lantai dua.

Perpustakaan dalam taman ini menyediakan akses literasi bagi pengunjung dengan dilengkapi pendingin ruangan. Buku yang tersedia di perpustakaan bervariasi, mulai dari buku pengetahuan, fiksi, hingga non-fiksi untuk orang dewasa dan anak-anak.

Pengunjung dapat membaca buku di bangku luar dekat taman atau paviliun literasi di lantai dua.

Untuk mencapai Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, Kawan dapat menggunakan transportasi umum seperti kereta rel listrik (KRL), MRT, atau TransJakarta.

Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, terdapat beberapa lahan parkir yang tersedia di dekat Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, seperti di Blok M Mal, Blok M Square, dan Blok M Plaza.

Baca juga: Explore Taman Nasional Betung Kerihun, Destinasi Tersembunyi di Tapal Perbatasan!

2. Tebet Eco Park

Kawan bisa mengunjungi Tebet Eco Park untuk bersantai di akhir pekan. Taman ini terletak di Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan. Melansir dari tebetecopark.id, Tebet Eco Park hadir sebagai ruang terbuka hijau yang mengusung konsep harmonisasi antara alam dan manusia.

Banyak aktivitas seru yang bisa Kawan lakukan di taman ini, seperti berpiknik di Community Lawn, lari pagi, duduk santai menikmati udara sejuk, berjalan-jalan dikelilingi indahnya pohon, dan masih banyak lagi. Tebet Eco Park juga ramah anak karena menyediakan zona Children Playground.

Namun, untuk masuk ke taman ini, pengunjung harus mendaftar di aplikasi JAKI. Kawan akan mendapatkan barcode sebagai akses masuk. Tiket masuk tidak dikenakan biaya, alias gratis!

3. Taman Suropati

taman suropati
info gambar

Taman Suropati terletak di Menteng, Jakarta Pusat. Taman ini berada di pertemuan tiga jalan utama, yaitu Menteng Boulevard, Orange Boulevard, dan Nassau Boulevard.

Taman Suropati juga dikenal sebagai "Taman persahabatan Seniman ASEAN". Taman ini menyimpan patung-patung karya seniman dari enam negara di Asia Tenggara, yaitu Thailand, Indonesia, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Filipina. Setiap patung memiliki moto yang menggambarkan tema seperti persaudaraan, perdamaian, semangat ASEAN, keharmonisan, dan kelahiran kembali.

Pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas dan aktivitas seru di Taman Suropati. Terdapat kawasan dilarang merokok untuk pengunjung yang ingin menikmati udara segar. Taman ini juga memiliki Bookhive, sebuah wadah untuk saling berbagi buku bagi pecinta buku. Bookhive berbentuk lemari kecil yang terdapat di beberapa tempat di taman, dan semua orang dapat mengambil atau meminjam buku yang ada di dalamnya.

Taman Suropati juga dilengkapi dengan fasilitas seperti musala dan toilet. Pengunjung, terutama anak-anak, dapat bermain dengan bebas di area yang luas. Selain itu, terdapat juga objek-objek menarik seperti patung Pangeran Diponegoro, air mancur, dan rumah burung.

Baca juga: Udah Tahu Belum Sekelik? Ini Dia Kawasan Taman Nasional di Lampung

4. Taman Lapangan Banteng

Taman Lapangan Banteng
info gambar

Terletak di Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Taman Lapangan Banteng memiliki pesona keindahan yang menarik dan sering dikunjungi oleh wisatawan.

Taman ini memiliki berbagai fasilitas dan daya tarik, seperti saung-saung untuk bersantai, Monumen Patung Pembebasan Irian Barat, taman bunga, air mancur, patung kesenian, jalan setapak, lapangan sepak bola, lapangan basket, dan panggung untuk festival musik.

Pertunjukan air mancur menari menjadi salah satu atraksi yang ditawarkan di taman ini, yang hanya berlangsung pada akhir pekan. Para pengunjung dapat menikmati empat sesi pertunjukan air mancur pada hari Sabtu dan Minggu malam.

Taman Lapangan Banteng juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti area parkir kendaraan, kamar mandi, tempat istirahat, area olahraga, dan tempat duduk.

5. Taman Ayodya

Taman Ayodya
info gambar

Taman Ayodya berlokasi di Jalan Lamandau III, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Taman ini masih berada di Kawasan Blok M dan mudah dijangkau baik dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Taman Ayodya cocok untuk menghabiskan hari libur dengan mengunjungi destinasi wisata ini. Taman ini memiliki bentuk lingkaran sehingga terlihat seperti sebuah pulau. Di sekitar taman, terdapat pepohonan tropis yang tinggi dan rimbun.

Bagian dalam taman memiliki pepohonan yang lebih kecil, hamparan rumput hijau, dan berbagai macam bunga yang indah. Selain itu, terdapat danau buatan di pusat taman dengan tanaman teratai, dekorasi lampu berbentuk gurita, dan air mancur.

Taman Ayodya memiliki beberapa fasilitas, antara lain tempat duduk, area bermain anak, jalur lari, panggung teater, dan air mancur. Selain itu, tersedia juga area parkir, musala, kamar mandi, tempat istirahat, pendopo, dan kursi taman.

Baca juga: Nama Wisata Baru di Jatigede, Taman Seribu Cahaya

Itulah beberapa taman kota di Jakarta yang bisa Kawan kunjungi untuk bersantai, berolahraga, atau sekadar menikmati keindahan alam.

Dengan adanya taman-taman ini, warga Jakarta memiliki kesempatan untuk melarikan diri sejenak dari kepenatan kota dan menikmati suasana alam yang tenang dan hijau. Ada yang ingin Kawan kunjungi?

Referensi: Kompas.com | Orami.co.id | Inakoran.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

F
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini