Dengan Tangan Dingin Indra Sjafri, Timnas Usia Muda Indonesia Memetik Sederet Prestasi

Dengan Tangan Dingin Indra Sjafri, Timnas Usia Muda Indonesia Memetik Sederet Prestasi
info gambar utama

Tangan dingin Indra Sjafri kembali membuahkan prestasi. Terkini, Timnas U-22 Indonesia yang dibesutnya sukses meraih medali emas SEA Games 2023.

Sebagaimana diketahui, Timnas U-22 Indonesia meraih medali emas setelah mengalahkan Thailand dalam partai final yang digelar di Olympic Stadium, Phnom Penh, pada Selasa (16/5/2023) dengan skor telak 5-2.

Medali emas itu terasa begitu spesial bagi publik sepak bola Indonesia. Maklum saja, sepak bola adalah olahraga terpopuler di Tanah Air. Di samping itu, Indonesia juga sudah 32 tahun tidak menyabet medali emas di cabor sepak bola SEA Games.

Kesuksesan itu tentu saja hadir lewat kontribusi berbagai pihak, mulai dari pemerintah, suporter, federasi, klub, hingga tentunya awak tim. Salah satu sosok penting di balik Timnas U-22 Indonesia dengan prestasinya itu adalah Indra Sjafri.

Dengan tangan dinginnya, Indra Sjafri meracik tim dengan memilih pemain, mengasah dan melatihnya, serta menyusun taktik dan strategi yang jitu. Dibantu asistennya, Indra membuktikan bahwa mempercayakan Garuda Muda kepadanya bukanlah hal yang sia-sia.

Siap-siap! Ada Klub Sepak Bola Eropa yang Akan ke Indonesia untuk Menantang Persija

Deretan Prestasi

Indra Sjafri bukan nama asing di sepak bola Indonesia. Pelatih asal Sumatera Barat itu sudah melatih Timnas U-16 Indonesia pada tahun 2022. Namanya kemudian melejit ketika melatih Timnas U-19 Indonesia yang dibawanya menjadi juara Asia Tenggara.

Timnas U-19 besutan Indra Sjafri juara Piala AFF 2023. Meski hanya gelar di tim kelompok usia, pencapaian ini sangat menghebohkan publik pada masanya. Di tengah prestasi timnas yang sedang jeblok-jebloknya, apa yang diraih Timnas U-19 Indonesia menjadi hiburan tersendiri bagi penikmat sepak bola.

Sosok Indra Sjafri seakan sangat lekat dengan timnas usia muda Indonesia. Ia sempat melatih di level klub bersama Bali United pada 2014 hingga 2017. Namun setelahnya, Indra balik lagi ke Timnas U-19 Indonesia lalu mulai melatih Timnas U-23 Indonesia sejak 2019.

Bersama Timnas U-23 Indonesia, Indra lagi-lagi membawa timnya menjadi yang terbaik di Asia Tenggara. Gelar juara Piala AFF U-23 berhasil didapat.

Saat PSSI mendatangkan Shin Tae-yong sebagai pelatih timnas pada 2020, Indra menempati jabatan baru sebagai direktur teknik. Untuk SEA Games 2023, ia ditugaskan di kursi pelatih Timnas U-22 Indonesia.

Setelah meraih medali emas SEA Games 2023 plus dua gelar juara Piala AFF di kelompok usia yang berbeda, muncul spekulasi mengenai kans Indra menggeser Shin Tae-yong sebagai Pelatih Timnas Indonesia. Menanggapi hal ini, Indra menjawab diplomatis saja.

"Saya menjalani tugas yang diberikan. Setelah itu, biarlah Tuhan yang menentukan," katanya seperti diwartakan SuperBall.id.

Sport Tourism, Target Baru Pariwisata Indonesia



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini